Waspada!! Inilah 5 Cara Masuk Virus Smartphone Android

Cara masuk virus smartphone android

Dampak virus smartphone android masih membudaya dikalangan ponsel entry-level hingga premium, serta Anda harus tahu bahwa cara masuk virus smartphone android sangatlah simpel.

Sebelum itu, kemarin ada ulasan mengenai tanda-tanda smartphone yang terkena virus beserta mengatasinya. Kali ini saya akan ulas bagaimana cara masuk virus smartphone android, sudah tahu virus smartphone android itu apa?

Arti Virus Smartphone Android

Cara masuk virus smartphone android
Cara masuk virus smartphone android foto by Gadget Garrio

Virus smartphone adalah sejenis virus komputer yang menyebabkan aplikasi atau fitur ponsel tidak dapat digunakan semestinya dalam kutipan Wikipedia.

Cara Masuk Virus Smartphone Android

1. Selalu mengaktifkan wifi otomatis

Siapa sih yang tidak suka nemu wifi gratis? Pasti semua orang akan senang hal itu, tapi Anda harus tahu bahwa ponsel android memiliki versi 2.3 ke bawah itu disebut dengan ClietLogin yang membuat pengaturan aktifnya wifi secara otomatis.

Cara masuk virus smartphone melalui wifi
Cara masuk virus smartphone melalui wifi foto by JalanTikus

Bahkan hal ini sangat sangat disukai para hacker, karena sangat mudah masuk kedalam ponsel Anda serta menyebarkan virus.

Kendati demikian, bagi para hacker sangat mudah masuk ke ponsel, tak dipungkiri dengan ponsel premium atau sejenisnya, hanya perlu masuk ke Setelan > Wireless & Network > pilih Wifi Setting > nonaktifkan Auto Connect to Wifi.

2. Tidak Memasang Aplikasi Antivirus

Bahayakah jika ponsel tidak tersemat aplikasi antivirus? Menurut saya, ponsel yang tidak ada aplikasi antivirus sangatlah bahaya, karena bisa kapapun virus akan masuk entah darimana asalnya.

Tetapi,ada juga virus yang tidak diketahui bisa masuk walaupun sudah terpasang aplikasi Antivirus. Alangkah baiknya untuk menjaga-jaga smartphone, Anda harus mengunduh apllikasi antivirus melalui Google Playstore.

Jangan salah pilih aplikasi antivirus, karena di Google Playstore terdapat segudang developer aplikasi yang merancang aplikasi ini.

Baca Juga : 8 Ciri Tanda Smartphone Terkena Virus Dan Cara Mengatasinya!

3. Mengunduh Aplikasi Tidak Dari Tempat Yang Tersedia

Sebenarnya smartphone android telah menyediakan tempat-tempat agar Anda bisa mengunduh aplikasi terbaik, misalnya Google Playstore. Tapi mengapa masyarakat Indonesia menginstal aplikasi yang berbentuk Apk. Mungkin karena murah, gratis dan praktis.

Tanpa disadari bahwa melalui aplikasi gratisan tersebutlah yang menjadi daya tangkap virus masuk ke ponsel Anda, bahkan aplikasi tersebut bukan merupakan produk dari sang vendor yang sudah punya hak paten.

4. Keamanan ponsel yang sudah tidak berfungsi

Dari virus, malware, spyware atau sejenisnya akan bersemayam dalam sistem android 2.2 keatas yang dapat merusak smartphone android. Tapi Anda tidak perlu khawatir akan hal itu, pasalnya produsen ponsel selain menyiapkan aplikasi anti virus.

Perusahaan juga merancang menu pengaturan dari Setelan > Security > Centang Verify Apps dan lakukan hal tersebut begitu Anda membeli smartphone anyar.

Baca juga : 3 Cara Paling Jitu Melindungi Data Penting Di Smartphone !

5. Tidak melakukan upgrade ponsel secara berkala

Sebagian pengguna smartphone android mengacuhkan hal upgrade dengan beralasan pembaruan tersebut memakan kuota besar hingga 600MB, bahkan lebih.

Padahal ini merupakan penting dalam dunia gadget, karena dalam pembaruan tersebut kemungkinan perusahaan gadget sudah menyiapkan menu aplikasi antivirus untuk Anda.

Cara upgrade smartphone
Cara upgrade smartphone

Cara update secara berkala hanya cukup tekan Setelan > About Phone > System Update. Hal ini agar terhindar dari infeksinya malware atau sejenisnya masuk dalam smartphone Anda.

Nah, itu dia lima cara masuk virus smartphone android Anda. Jagalah ponsel Anda sebaik mungkin agar tidak terkena virus smartphone yang menganggu aktivitas sehari-hari dalam menggunakan ponsel pintar ini.

Sekarang sudah mengerti bagaimana cara masuk virus ke smartphone? Silahkan komentarkan pendapat Anda mengenai artikel ini dalam kolom komentar atau bisa juga share informasi ini ke teman,saudara Anda yang belum mengerti bagaimana cara virus bisa masuk ke smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *