3 Cara Paling Jitu Melindungi Data Penting Di Smartphone !

melindungi-smartphone-1

Pada zaman era digital ini banyaknya yang menggunakan Smartphone guna memperat silahtuhrahmi bersama keluarga, teman, bahkan pekerjaan dimana pun kamu berada dan lindungilah data penting Anda melalui smartphone.

Dimana sebagian orang pula Smartphone ialah perangkat elektronik yang mampu menemani aktivitas sehari-harinya. Oleh karena itu simak dan resapi tips cara mudah melindungi data penting di Smartphone kamu dengan Online maupun Offline .

Cara Melindungi Data Penting di Smartphone

Layanan Cloud

Data cadangan inilah paling ampuh, karena sistemnya bekerja secara otomatis seperti Dropbox dan Google Drive. Dua layanan ini bisa dapat di unduh melalui App Store atau Google Play, cara kerjanya hampir sama yakni secara otomatis.

layanan-cloud-2
foto by Chip Indonesia

Lain halnya, jika Anda ingin mengembalikan data dari Google Drive atau Dropbox ke smartphone barumu bisa dilakukan dengan menyinkronkan akun cloud ke akun di smartphone-mu serta harus memastikan daya ruang penyimpannya cukup luas untuk menyimpan file penting. Mengingat data yang dibutuhkan cukup memakan memori.

Baca Juga : Jalantikus.com, Situs Download Lengkap, Aman Dan Cepat !

Gunakan Eksternal Hard Disk

Selain dengan menggunakan layanan online, tak dipungkiri ada juga alternatif lainya yaitu melalui offline berupa perangkat Eksternal Hard Disk. Biasanya perangkat ini selalu menyimpan data cadangan selain di Smartphone kamu,  misalnya di hard disk eksternal.

hard-disk-eksternal

Apakah Anda pengguna iPhone ? Kabar baiknya  Anda dapat mem-back up seluruh datamu melalui Time Machine. Aplikasi ini mampu memulihkan datamu begitu cepat, sedangkan untuk Android kamu bisa mentransfer ke PC dengan menggunakan kabel data atau memasukan memory Card. File tersebut dapat disimpan di komputer dan hard disk eksternal.

Pakai Flash Disk Atau OTG (On The Go)

usb-flash-disk-2

Perangkat ini mampu melindungi data penting data dengan bobot ringan, mudah dibawa kemana pun Anda berpergian. Flashdisk merupakan alat penyimpan data atau file yang berupa NAND. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non–volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hard disk eskternal.

otg-sandisk-2
foto by Sandisk

Sedangkan OTG (On The Go) merupakan  kemampuan sebuah smartphone atau tablet untuk dapat membaca flash disk dan melakukan pertukaran file (baca, edit, transfer file) yang Anda bisa membuka langsung melalui perangkat ini.

Nah, itu dia cara-cara melindungi data pribadi Anda melalui smartphone. Melindungi memori dan data di smartphone adalah hal yang sangat penting buat kamu yang sebagian besar aktiitasmu dilakukan pada perangkat mobile.

Anda pilih cara yang mana ? Silahkan komentar dibawah thread atau share artikel ini, dan semoga artikel bisa bermanfaat buat kamu yang ingin melindungi data penting.

Eko Prasetyo Penulis

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger. Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

Komentar

    Dikki Cantona Putra

    (Desember 6, 2016 - 3:53 pm)

    paling aman sih cloud. tapi cloudnya yang terpercaya biar datanya ikutan aman ko. tapi klo hdd takut serangan virus jd kurang enak

      Eko Prasetyo

      (Desember 7, 2016 - 4:38 am)

      Iya juga she dik, tapi kalau Hdd penyimpanannya lebih luas.. 🙂

    Audia

    (Desember 24, 2016 - 7:17 am)

    Biasanya nyimpen data langsung transfer ke laptop. kalau terlalu penuh emang mending ke harddisk. tapi punya pengalaman hd corrupt jadi agak parno juga sih sebenarnya hehe

      Eko Prasetyo

      (Desember 26, 2016 - 6:36 am)

      Iya juga she mba Audia, tapi buat jaga-jaga saja untuk menyimpan file di HD.
      Tapi menurut saya lebih aman di Cloud. 🙂 🙂 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *