5 Cara Mudah Merawat Gigi Agar Tidak Ngilu

gigi ngilu pada gigi sensitif (1)

Peran Gigi dalam organ tubuh itu sangat penting, karena sebelum memasuki tubuh, makanan akan dikunyah terlebih dahulu oleh gigi. Hal ini membuat gigi ngilu pada gigi sensitif jika tidak dirawat dengan baik, maka sering sakit disaat makan.

gigi ngilu pada gigi sensitif (1)

Beragam masalah yang diderita sang gigi dengan mudah ngilu seperti gigi berlubang, mengkonsumsi makanan atau minuman asam dan menggosok gigi terlalu keras, sehingga menyebabkan berdarah. Rasa ngilu gigi itu berasa tidak nyaman disaat makan, jadi kita harus menjaganya dengan cara :

Cara Mudah Merawat Gigi Agar Tidak Ngilu

1. Menggunakan Sikat Gigi yang Lembut

Berbagai model sikat gigi yang dijual oleh e-commerce banyak sekali, bentuknya juga aneh-aneh. Tapi kita jangan cari yang aneh atau yang paling mahal. Cukup cari bulu sikat yang ujungnya lembut dan nyaman disaat menyikatnya sesuai rongga.

Mengatasi gigi ngilu

Serta mampu menyapu bersih hingga ke rongga-ronga gigi dari sisa makanan yang disantap seharian dan perlu diingat cara menyikatnya pun jangan terlalu keras, karena nanti gusi bisa bengkak.

2. Membersihkan Gigi, Setelah Menyantap Makanan

Secuil makanan pasti akan tersisa dan bersembunyi di rongga gigi yang tidak bisa kita lihat secara kasat mata, jadi harus membersihkan dengan menyikat gigi agar tetap putih dan wangi, serta carilah pasta gigi yang cocok dengan mulut.

Pasta gigi yang cocok itu mengandung Zinc dan Trilocan. Gigi ngilu pada gigi sensitif sangat menyakitkan dan perihnya tiada tara, seandainya kita tidak bisa merawat gigi dengan baik dan benar kuman dalam gigi dapat berkembang ke tempat lain, sehingga merasakan ngilu kepanjangan. Cegah hal tersebut, sebelum menyebar.

3. Rutin Sikat Gigi 2 – 3x Sehari

Dianjurkan 2 – 3x sehari untuk menyikat gigi setelah makan atau sebelum tidur, agar gigi tetap terawat dan bersih dari kuman-kuman yang berkeliaran โ€˜manjaโ€™ di rongga mulut dan bersihkan gigi berlubang atau bolong.

Karena gigi yang berlubang dapat mengakibatkan rasa ngilu yang luar biasa, ibarat rasa sakit tersebut ingin sekali gigit yang keras-keras tuk menghilangkan rasa ngilu dan maka nya kalau ada yang sakit gigi bawaannya emosi terus-menerus.

4. Jangan Pasang Behel Sembarangan

Kids jaman now pasti ingin tampil keren dan menginginkan gigi rapih, menggunakan behel atau kawat gigi itu bisa buat rapih. Tapi untuk memasangnya harus ditempat khusus, jangan dipinggir jalan yang tidak memiliki ijin usaha resmi.

Gigi Ngilu

Di Indonesia klinik gigi yang tidak memiliki ijin usaha memang banyak, bahkan setiap jalan raya tidak terhitung jumlah dengan alat sederhana inilah yang mengakibatkan gigi cepat rusak atau seandainya tidak cocok gigi akan terasa ngilu.

Jadi saya sarankan untuk memasang behel kunjungi klinik dengan dokter spesialis, walaupun harga pemasangan mahal, tapi gigi kita dijamin terawat.

5. Lakukan Pemeriksaan ke Dokter Spesialis

Seandainya merasakan โ€˜ngiluโ€™ yang kepanjangan saya sarankan harus mengunjungi ke dokter spesialis untuk diperiksa kondisi gigi yang ngilu. Karena jika tidak periksa dikhawatirkan akan membengkak dan takut terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kemudian kita juga bisa berkonsultasi bagaimana cara mengatasi gigi yang ngilu kepada dokter spesialis tersebut dan jangan sampai ngilu itu diperlihara terus-menerus, agar bebas mengunyah jenis makanan apapun.

Kesimpulan

Fungsi gigi yaitu untuk merobek atau mengunyah makanan, jadi kalau kita merasakan ngilu pasti mengunyah makanan akan sulit. Tapi dengan melakukan lima hal tersebut gigi akan terjaga dan terawat dengan rapih.
Dan selalu bersihkan gigi setelah makan atau sebelum tidur.

gigi ngilu pada gigi sensitif

Hal sepele inilah penting buat menjaga gigi dikala siang atau malam. Semoga artikel ini membantu kita untuk memperhatikan perawatan gigi agar tetap terlihat bersih.

Foto by :
CNN Indonesia
Catatan Mini
Nulis

About Eko Prasetyo

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger. Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

View all posts by Eko Prasetyo →

2 Comments on “5 Cara Mudah Merawat Gigi Agar Tidak Ngilu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *