Menikmati Atraksi Live Feeding Show Shark dan Wahana Lainya Di Seaworld Ancol

Live Feeding Show Shark

Dunia bahari di Ancol dengan balutan nama Seaworld kali ini meluncurkan tagline “Feeding Show Shark” yang bakal ada dua penyelam memberikan makan hiu buas tersebut.. Eitss… Tidak semua hiu itu ganas, karena terdapat sekitar 500 jenis ikan hiu yang ada di dunia, tercatat hanya 32 jenis tergolong ganas.

Feeding Show Shark
Live Feeding Show Shark

Maka dari itu wajib hadir pertunjukan tersebut karena selain mengundang detak jantung pada saat beliau menyelam dan memberikan makan hiu buas, tapi ada atraksi lainya di Seaworld Ancol, serta ada penjelasan singkat sebagai berikut :

Live Feeding Show Shark

1. Perlengkapan Penyelam

Untuk yang sedang singgah di seaworld jangan lupa mampir ke Aquarium Shark dan menonton pertunjukan tersebut pada jam 14:30 setiap hari, dan tenang untuk penyelam ada dua orang, masing-masing punya tugas tersendiri. Penyelam pertama bertugas memberikan makan dan satu penyelam rescue. Penyelam ini punya tugas khusus seperti untuk menjaga dan menanggulangi kejadian yang tidak diinginkan seandainya ada serangan dari ikan hiu.

Live Feeding Show Shark

Kendati kerjaanya sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur), namun beliau harus lebih teliti lagi menggunakan kostum shark suit. Kostum tersebut berbobot sekitar 15kg tanpa dibatasi oleh kerangkeng besi dan ini merupakan Feeding Show Shark secara langsung pertama kali di Indonesia.

2. Jenis Hiu di Aquarium Shark

Pada Live Feeding Shark telah hadir 3 jenis Hiu yaitu Hammerhead Shark, Blacktip Reef Shark dan Giant Nurse Shark merupakan 3 jenis ikan hiu yang berbahaya. Sekedar informasi bahwa pertunjukan ini menghilangkan stigma tidak baik tentang hiu, dimana pada film-film yang ditayangkan betapa ngerinya jika hiu dalam kondisi ingin memangsa manusia.

Vice President Seaworld Ancol

Padahal tidak ada hiu yang pernah menyerang manusia terlebih dahulu, namun ulah manusia yang membuat hiu itu marah karena tempat tinggalnya terusik atau terkena pantulan cahaya blitz maupun yang dapat menganggu pandangan pada hiu. Biasanya dia akan marah. Ucap Rika Sudranto selaku Vice President Seaworld Ancol : Live Feeding Shark.

Bayi Hiu Seaworld Ancol
Bayi Hiu Seaworld Ancol

Selain itu di Seaworld Ancol juga punya penangkaran jenis-jenis ikan hiu untuk berkembang biak, bahkan kita juga bisa memegang anak ikan hiu disalah satu wahana kecil ditengah keramaian. Tutupnya

3. Berkeliling di Seaworld Ancol

Wahana pertama yang aku kunjungi ialah aquarim berjalan dan dikelilingi oleh ikan, seakan-akan sedang skin diving didalam laut, karena sisi kanan maupun terdapat ikan ukuran besar maupun kecil dengan keunikan setiap bentuknya.

Piranha Seaworld Ancol

Bahkan aku juga melihat ikan piranha secara langsung, namun dibatasi oleh kaca. Tapi serem juga banyak sekali gerombolannya dan pas banget melihat beliau diberikan makanan, ibarat ada darah langsung dicari dimana letaknya.

Aquarium Utama Seaworld Ancol

Kemudian saking lelah nya muter-muter, aku singgah di suatu tempat ruangan tengah, ternyata itu aquarium utama. Pastinya banyak sekali jenis-jenis ikan laut. Pas banget ada atraksi memberikan makan ke ikan dan anak kecil juga sangat gembira pada saat penyelam memberikan makanan.

Kesimpulan

Feeding Show Shark

Face To Face With Shark itu yang dirancang oleh Seaworld Ancol untuk memanjakan pengunjung dengan antraksi memberikan makan hiu dan ada 25 ekor ikan hiu beragam jenis yaitu 8 Hiu Kepala Martil, 8 ikan Hiu Butho, 8 ikan Hiu Sirip Hitam dan 4 ikan Hiu leopard dan pari barongsai.

Sekadar informasi bahwa penyelam dibekali oleh kostum khusus shark suit dengan bobot kurang-lebih kisaran 15kg tanpa dibatasi oleh kerangkeng besi dan para pengunjung bisa menikmati atraksi ini pada pukul 14:30 setiap hari.

Penyelam Feeding Show Shark

Nah, untuk penyelam sempat mengalami tergigit jarinya oleh ikan hiu, tapi karena memakai Shark Suit jadinya aman. Seperti kejepit pintu katanya. Selama SOP (Standar Operasional Prosedur) dijalankan, terutama bagian keamanan, pertunjukan ini dijamin aman. Ucap kedua penyelam.

Ikan Seaworld Ancol

Namun disaat jeda menunggu atraksi tersebut, alangkah baiknya kita berkunjung ke wahana lain terlebih dahulu untuk menikmati wisata bahari dengan melihat jenis-jenis ikan laut yang langka atau jumbo dan tidak bisa kita jumpai di dasar laut.

Bila aku sebutkan satu-persatu jenis ikan atau hewan laut lainnya bisa memakan waktu lebih banyak lagi dalam memberikan ulasnya. Nah maka dari itu beli tiket Seaworld Ancol dengan memantau akun instagramnya (@seaworld.ancol) , karena disana pasti ada penawaran harga tiket yang menarik yang ramah dikantong.  Jadi bagaimana melihat keterangan diatas apakah masih punya rasa takut dengan hiu? Bisa berikan jawabannya melalui kolom komentar yang sudah disediakan.

About Eko Prasetyo

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger. Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

View all posts by Eko Prasetyo →

18 Comments on “Menikmati Atraksi Live Feeding Show Shark dan Wahana Lainya Di Seaworld Ancol”

    1. Iya atraksinya keren banget dan disana juga kita bisa berkeliling melihat ikan yg jumbo dan unik.
      Bahkan ada ikan piranha, sudah tau kan piranha itu jenis ikan apa.
      Sangat ganas, jadi ada tulisan warning di aquariumnya.

  1. Cantik2 banget ikannya. Aku juga ingin coba ke Seaworld apalagi kalau bisa nyelam. Tapi butuh pelatihan khusus ya. Kalau bawa baju seberat itu, PR juga

  2. Aku pengin banget niih…ajak anak-anak ke Seaworld, Ancol.
    Duluuu…awal seaworld baru dibuka (pas aku masih kicik) pernah sekali…lalu belum ke Seaworld lagi sampai sekarang.

    Wiwiwiwi~
    Ngasih makan hiu-hiu…kebayang bulu kuduk merinding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *