Kuliner Murah Enak di Yogyakarta Rasa Pedesaan

Waroeng-Belik

Jika Anda termasuk pecinta kuliner, maka Yogyakarta bisa dikatakan menjadi salah satu surga kuliner tanah air. Tempatnya yang ramah dan juga harga makanan yang tergolong murah menjadikan wisata kuliner di Yogyakarta sayang untuk dilewatkan.

Tidak hanya enak dan murah, namun ternyata beberapa tempat kuliner murah enak di Yogyakarta juga menawarkan sensasi tradisional pedesaan.
Di beberapa lokasi wisata kuliner yang terkenal, mereka tidak hanya menyajikan makanan enak berkualitas.

Anda bisa menyantap makanan sekaligus berwisata bersama keluarga. Tempat makan yang umumnya terletak di samping persawahan hingga memiliki bangunan khas tradisional ini memberikan sensasi pedesaan yang dirindukan.

Beberapa Kuliner Murah Enak di Yogyakarta Khas Pedesaan

1. Geblek Pari Nanggulan

Jika sedang berkunjung ke Yogyakarta namun penasaran ingin mencicipi panganan khas daerah-daerahnya, maka geblek bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan terbaik. Panganan berwarna putih khas Kulon Progo ini adalah gorengan yang dibuat dari campuran tepung tapioka beserta bawang putih.

Jika Anda ingin menikmati panganan ini, maka Geblek Pari Nanggulan adalah tempat yang tepat. Warung makan yang berlokasi di samping persawahan ini menyajikan menu makanan khas Kulon Progo yakni geblek.

Geblek Pari Nanggulan juga menjual menu tradisional seperti mendoan, telur krispi, nasi merah dan juga sayur lodeh. Lokasi dari warung makan ini yaitu terletak di Dusun Pronosutan, Nanggulan Kulon Progo. Warung makan ini buka setiap hari pada pukul 8 pagi hingga setengah sembilan malam.

Baca Juga : 3 Kuliner di Banda Aceh Murah yang Ramah Dikantong

2. Waroeng Belik

Anda penyuka tempe mendoan dan ingin merasakan nikmatnya makan mendoan di warung makan khas tradisional? Waroeng Belik yang terletak di Jalan S Hartono, Gondangan, Sleman Yogyakarta ini bisa dijadikan pilihan tempat makan yang tepat.

Dengan segala fasilitas dan kenyaman yang diberikan, Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari dua ribu sampai 15 ribu untuk makan enak. Warung makan ini tidak hanya menjual makanan lokal yang enak, namun juga beberapa tempat untuk dijadikan spot foto. Anda bisa berfoto di kereta kuda, kolam kecil dan juga sepeda ala kuno.

3. Ingkung Kuali

Selain menu khas dari Kulon Progo ataupun daerah lainnya, Anda juga bisa menikmati metode masakan khas Bantul yakni Ingkung. Masakan Ingkung adalah masakan yang sangat disukai oleh para penikmat kuliner dari Bantul.

Ingkung yang disajikan pada warung makan Ingkung Kuali sangat beragam mulai dari ayam kampong rica pedas, goreng krispi, bakar manis dan juga original. Untuk sajian pencuci mulutnya biasanya diberikan kue dan juga kacang-kacangan rebus.

Sementara sayur pelengkapnya adalah oseng godong kates dan juga sayur urap. Anda bisa menikmati makanan ingkung di dalam aula bambu atau dikenal sebagai bamboo hall yang sangat khas. Alamat tempat makan ini adalah di Kalakijo Guwosari Pajangan, daerah Bantul.

4. Moelih Ndeso

Ingin mencicipi makanan kuliner khas nusantara lokal Yogyakarta sekaligus menikmati suasana desa? Moelih Ndeso sesuai namanya merupakan warung makan yang menawarkan suasana seperti berada di kampong halaman.

Anda bisa menikmati berbagai menu dengan model piringan ataupun bancakan. Ternyata, tidak hanya menunya yang tradisional, namun alat makan seperti tekonya juga khas pedesaan.

Bahkan, Moelih Ndeso sepertinya ingin memaksimalkan nuansa tradisional pedesaannya dengan memasak menggunakan bahan bakar arang. Menu makanan paling populer di tempat ini adalah bakmi jawa yang diberikan suiran dari ayam gantung. Warung makan ini beralamat di Jalan Beringin 1, Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Menu paketnya cukup murah mulai dari Rp 11.000an saja.

5. Wirosani Jogja

Menikmati santapan kuliner di tengah sawah tentu sangat menenangkan. Anda dapat merasakan hal itu jika berkunjung ke tempat makan Wirosani Jogja. Ada berbagai santapan kuliner yang bisa Anda nikmati di sini seperti ayam goreng, telur dadar, tempe, tahu goreng dan berbagai makanan khas Indonesia lainnya.

Berbagai kuliner murah enak di Yogyakarta bisa Anda nikmati dengan harga mulai dari Rp 2.000an sampai puluhan atau ratusan ribu. Meski begitu, menemukan tempat wisata kuliner enak sekaligus murah di Yogyakarta termasuk mudah dibanding tempat lain.

Informasi tempat wisata kuliner lengkap bisa diakses di https://www.cekaja.com/info/cek-5-rekomendasi-wisata-kuliner-murah-di-yogyakarta/.

About Eko Prasetyo

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger. Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

View all posts by Eko Prasetyo →

14 Comments on “Kuliner Murah Enak di Yogyakarta Rasa Pedesaan”

  1. Menurutku sih hampir rata rata kuliner tradisional itu enak. citarasa makanannya hampir bisa diterima semua lidah orang Indonesia, mungkin masalahnya ada di tampilannya yang kurang menarik. Tapi dengan masuk ke beberapa cafe, tampilannya jadi ciamik dan menarik

  2. baru tahu kelima-limanya, ini mah seperti hidden gem ya kak kalau lagi rindu makanan dan suasana khas pedesaan. dan yang paling menyenangkan adalah harganya yang murah-murah 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *