Lakukan 5 Hal Ini Dalam 30 Menit Untuk Menyusun Rencana Untuk Liburan

Liburan Nasional

Libur Nasional adalah momentum hari paling menyenangkan untuk para pekerja seperti saya, karena dalam sesi itulah bisa merasakan refresing dan melupakan sejenak aktivitas dunia kerja. Namun, ada sebagian orang (karyawan) tidak bisa merasakan libur nasional seperti karyawan toko atau restoran.

Mereka menggunakan shift kerja, sehingga libur pun bergantian dengan kawannya dan tidak bisa semuanya libur. Tapi untuk kalian yang beruntung merasakan liburan, maka lakukan 5 hal ini agar momen liburan lebih menyenangkan dimulai dari :

Menyusun Rencana Untuk Liburan

Liburan Nasional
Foto by Kumparan

1. Pilih Tanggal yang Tepat Untuk Liburan

Memilih tanggal libur itu sangatlah penting lho, misalnya hari libur Isra and Mir’aj di Indonesia itu tanggal 03 April 2019 pada hari Rabu. Jadi kita bisa ambil jatah cuti itu dihari kamis dan jumat. Sehingga liburan pun memakan waktu lima hari terhitung dari hari Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu-Minggu (jika kalian yang sudah terbiasa libur setiap minggunya).

Sungguh sangat rugi waktu jika mengambil sebelum liburan tiba, karna setelah libur panjang, kemudian masuk dan libur kembali. Nah untuk itu saya juga ada rekomendasi paket murah disaat libur Isra and Mir’aj bisa klik di sini.

2. Pilih Tempat Tujuan Wisata

Setelah memilih tanggal, kita juga harus menentukan arah tujuan wisata. Apakah tujuannya ke Bali , Lombok, Yogyakarta sekitarnya atau negara tetangga bingung memilih daerah manakah yang ingin dikunjungi. Jika sudah jatuh hati ke Bali menjadi tempat singgah liburanya, kita harus mengetahui wisata-wisata disana seperti Pura Ulun Danu, Desa Wisata Penglipuran, Pantai Jimbaran yang dikutip dari Liputan6.

Baca Juga : Menikmati Destinasi Wisata Benoa Sea Suite dan Benoa Bay Villas

3. Kalkulasikan Jumlah Orang yang Ikut Liburan

Kemudian, kita juga menghitung jumlah orang yang ikut liburan misalnya Suami-istri, anak, orang tua maupun saudara dari kedua keluarga besar. Karena menghitung jumlah keikutsertaan, mengingat makin banyak orang, semakin seru suasananya.

Tapi kalau liburannya bertujuan untuk Honeymoon itu beda lagi iya, mengingat masa-masa itu merupakan hari bahagia dalam dua mempelai insan yang hatinya sedang berbunga-bunga.

4. Tentukan Biaya Akomodasi Sehari-hari

Biaya akomodasi memang sangat penting diperhitungkan sebelum liburan berapa orang yang pergi, harga tiket pesawat Pp (Pulang-pergi), Hotel, Makan bahkan oleh-oleh untuk sanak saudara. Tapi perlu diingat bawalah buah tangan secukupnya saja, karena saat ini ada biaya tambahan bagasi.

Seandainya penghasilan kita pas-pas’an , terus ingin liburan, tapi tidak bisa mengatur keuangan disaat liburan. Kemudian disaat jatah libur sudah habis, masuk kerja tiba-tiba tanpa sadar uang didompet sisa ratusan ribu.

Jangan sampai mengalami kejadian tersebut. Liburan boleh, tidak ada larangan kok, tapi kita juga wajib mengatur kebutuhan sehari-hari mana saja yang diprioritaskan dan mana biaya untuk liburan.

5. Menyediakan Perlengkapan

Liburan bersama keluarga tercinta memang menyenangkan, tapi ada beberapa hal penting yang perlu disiapkan seperti obat-obatan , susu (jika punya balita), jaket, P3K dan baju secukupnya.

Lain hal jika punya celoteh seperti “Ngapai disiapin, beli aja disana” , “Berat-beratin barang bawaan aja, Beli disana saja gampang” atau ucapan lainnya. Iya sih gampang, beli aja disana. Tapi untuk meminimalisir pengeluaran keuangan, cara mempersiapkan dari rumah ialah cara jitu untuk menghemat. (Maaf, bukan mengajarkan untuk pelit).

Kesimpulan

Pilihlah tanggal yang tepat untuk liburan dan tentukan pula tempat tujuannya. Jangan sampai salah memilih, nanti kalau salah milih malah menyesal (oh iya knp saya tidak pilih wisata kesana aja iya yg lebih bersih). Sekedar informasi bahwa biasanya menjelang libur nasional harga tiket atau hotel, maupun tanggal yang mepet untuk cuti harga bisa saja melambung tinggi daripada biasanya.

Oleh karena itu siapkan seawal mungkin agar tidak kaget mengetahui harga tiket atau hotel yang sedang ada promo menarik. Keikutsertaan orang-orang yang bakal ikut liburan bersama kita itu juga harus dihitung agar perhitungan biaya makan, penginapan dan jajan sesuai dengan ekspetasi.

Kemudian persiapan penting lainnya wajib dibawa seperti membawa obat-obatan yang diberikan oleh dokter atau alat P3K lainnya. Karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati.  Oh iya kira-kira untuk menyiapkan 5 hal yakni seperti memilih tanggal, menentukan tempat tujuan, menghitung yang ikut liburan, menghitung biaya akomodasi, menyediakan perlengkapan liburan memakan waktu berapa menit?

Silahkan berikan jawabannya di kolom komentar yang sudah disediakan.

About Eko Prasetyo

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger. Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

View all posts by Eko Prasetyo →

47 Comments on “Lakukan 5 Hal Ini Dalam 30 Menit Untuk Menyusun Rencana Untuk Liburan”

  1. Membuat budget akomodasi ini, paling krusial. Kalau saya harus melalui serangkaian diskusi dengan suami. hihihi
    Harusnya sih cepaaat… tapi kadang saya terlalu banyak merencanakan lokasi sementara suami tipe yang tiba-tiba berangkat. Beda kepala satu kasur.

    1. Alhamdulillah klw sudah direncanain sejak awal.
      Memanage pengeluaran disaat liburan itu sangatlah penting mas, jangan sampe setelah liburan dompetnya kering.
      Karena pasti banyak yg khilaf belanja. Heheheh

  2. Tahu gak mas, waktu saya dan suami merencanakan liburan ke Bandung, kami sampai bawa galon air mineral loh. Alasannya ngirit wkwkwkwkwk. Ya gitu deh, memang perlu menyiapkan hal sepele yg kadang dicelotehin ngeberat beratin tp vital

    1. Air mineral juga penting nih agar tidak dehidrasi.
      Kebanyakan orang pasti dicelotehin ngpai bawa berat” disana juga pasti ada yang jualan.
      Tapi harga didaerah asal, dengan harga wisata pasti lebih mahal.

  3. Aku nih kadang suka kurang disiplin sama pengeluaran liburan
    begitu pulang baru sadar, kok isi rekening menipis ya hahaha
    Kayaknya memang harus lebih ketat lagi deh,gak boleh lapar mata

    1. Iya kadang khilaf belanja, pasti mata terlena.
      Dan chek rekening terakhir kok uangnya menipis,
      Maka nya mengatur keuangan untuk liburan itu penting banget, supaya gk boros” amat. 🙂 🙂

  4. Ku butuh liburan nih, lagi nyari jadwal yang pas. Karena libur sehari doang. Tp kudu buru-buru liburan, karena budget dan perlengkapan udah ada, tinggal jadwal aja yg puyeng nih.

  5. Liburan emang perlu banget direncanakan, mau liburan bareng keluarga atau olangan tetep harus direncanakan. Dengan rencana yang baik, liburan jadi makin menyenangkan ya, Kak.

  6. Perlu banget nih mas, nyiapin rencana sebelum liburan, supaya jalan-jalannya lebih teratur yak.
    Karena kadang udah rencana tapi nggak dimatangin, akhirnya ya nggak jadi berangkat hahaha
    Makasih banyak untuk sharing artikelnya mas ^_^

    1. Iya agar dalam perjalanan lebih nyaman mba, mmpersiapkan sedini mungkin itu lebih enak.
      Daripada terburu-buru yg ada barang yang ketinggalan atau budget melebihi kapasitas kantong. 🙂

  7. Ku sudah merencanakan jauh jauh hari liburan. Asal jangan kelihatan tanggal merah langsung deh nentuin lokasi dan hunting tiket murah. Semakin matang psrsiapannya maka semakin gampang memenuhi item yang harus disiapkan

  8. Tentukan budget perjalanan…sejak awal dengan begitu sejak awal sudah mengetahui..bakal jalan kemana.., nginap dimana..dan berapa lama..

    Gak mau donk …abis jalan2..tekor. atau habis uang saat diperjalanan..

    1. Nah ini aku hindarin mba, jadi sebelum perjalanan aku akan persiapkan dari siapa aj yg ikut, tiket, makan dan biaya penginapan.
      Iya rinciannya diperkirakan saja, walau pengeluaran biasanya lebih dari kalkulasi yang diinginkan.

  9. Dulu waktu masih terikat jam kerja, ga mungkin deh bisa memanfaatkan hari kejepit. Kecuali mengajukan cuti jauh2 hari. Itu pun belum tentu disetujui bos. Ada aja alasan izin ga turun. Makanya setelah resign dan menjadi freelancer, saya lebih leluasa menentukan waktu berlibur. Kebetulan suami lebih fleksible hari kerjanya. Kalo sekolah anak, asal bukan musim ulangan,cincay lah.hehehe…

  10. aku gak perlu ambil cuti kamis atau jumat sih, soalnya senin selasanya juga libur hahaa, tapi yah tetep gak kemana-mana sih, kalau pgn jalan kayaknya cus ke yang deket-deket

  11. Uda mulai ngecengin tanggal merah yaa…
    Sejak anak-anak masuk usia sekolah, kami terbilang jarang sekali travelling keluarga lagi. Kalaupun iya, yang bisa sehari- dua hari lalu pulang. Sengaja juga mengambil weekend. Agar sama-sama gak cuti ataupun ijin tidak masuk sekolah.

  12. Kalo mau liburan terutama di hari libur nasional memang hrus prepare dr jauh hari, biar liburannya lbh tenang.
    Enaknya kalo bisa prepare semua secara online, jdi gak wasting time.
    Cek kalender ah, buat mastiin tgl merah yg cocok buat holiday

    1. Ayuk mba, prepare dari sekarang aja.
      Kalau mepet beli tiket, biasanya kehabisan. 🙂
      Karna prepare dari jauh hari lebih nyaman, dripada terburu-buru ndak bisa mengatur pengeluaran nanti disaat liburan.

  13. Waktu dan biaya itu memang penting banget ya untuk menentukan kapan liburan.apalagi kalau punya anak, harus sesuaikan lagi dengan jadwal libur sekolahnya

  14. Ah bulan depan tuh ya banyak tgl merahnya. Betul banget kalau mau liburan, khususnya yg udah berkeluarga harus direncanakan matang2 bebeapa hal tersebut, enggak bisa go show. Tengkyu tipsnya 😀

Tinggalkan Balasan ke Eko Prasetyo Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *