Ada 3 Pencegahan Penyakit Jantung Beserta Gejalanya yang Wajib Anda Ketahui

Pencegahan penyakit jantung

Upaya yang telah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan dalam pencegahan penyakit jantung melalui Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktifitas secara rutin, Diet yang sehat dan seimbang, Isitirahat yang cukup, serta Kelola stress atau bisa disingkat menjadi CERDIK.

Masih banyak lagi upaya yang diberikan kementerian kesehatan kepada masyarakat guna pencegahan penyakit jantung, oleh karena itu saya akan berikan ulasan singkat mengenai pencegahan penyakit jantung sebagai berikut :

Pencegahan Penyakit Jantung

Sebelum saya menjelaskan cara pencegahan penyakit jantung, lebih baik kita harus tahu apa gejala awal hingga terjadinya hal buruk, hingga minum obat secara rutin.

Gejala ringan

Pertama

Merasa Lelah

Kedua

Kehabisan nafas saat menggunakan tangan

Ketiga

Merasa lemas atau pusing

Hingga sampai gejala terparah, misalnya :

Gejala hingga parah

Pertama

Merasakan sesak nafas meski saat istirahat

Kedua

Memiliki pembengkakan, terutama kaki

Ketiga

Perlu buang air kecil lebih banyak di malam hari

Nah itu dia gejala ringan hingga terparah yang terjadi dalam gagal jantung. Terlebih seandainya kita terkena penyakit gagal jantung harus periksa atau minum obat (sesuai resep dokter) secara rutin. Karena semakin parah sakitnya, makin berbeda pula obatnya.

Pencegahan penyakit jantung

Oleh karena itu Novartis selaku penyedia solusi layanan kesehatan bagi pasien seperti produk generic dengan harga efisien, pengobatan biosimiliar, dan perawatan mata menghadirkan obat baru bernama LCZ6969 berfungsi untuk pengobatan gagal jantung.

Tapi perlu diingat obat ini harus perlu resep dari dokter. Misalnya kita biasanya minum obat A, kemudian ada obat baru kita harus minum obat baru. Itu salah! Karena obat baru biasanya memiliki kandungan yang berbeda dari sebelumnya. Jadi saya anjurkan jika ingin mengubah obat ke baru harus dari resep dokter spesialis atau dokter rumah sakit.

Sudah mengerti gejala-gejalanya seperti apa. kini saatnya kita mengetahui cara pencegahan penyakit jantung sebagai berikut :

Cek Kesehatan Secara Berkala

Cek kesehatan atau Medical Check Up ialah suatu rangkaian uji kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan secara berkala entah kita sedang sakit maupun dalam keadaan normal (tidak sakit).

Namun hal ini sangat perlu diperhatikan, agar kita tahu bagian organ mana yang sudah melemah atau kurang maksimal dalam bekerja, apalagi mengenai jantung. Jantung merupakan salah satu organ yang sangat sensitive dan organ penting dalam tubuh.

Jauhkan Asap Rokok

Menghirup asap rokok secara pasif dapat meningkatkan resiko seseorang terserang kanket paru-paru sebanyak 25% dengan berdampak buruk kepada dinding pemuluh darah, sehingga darah pun lebih gampang menggumpal.

Jauhkan asap rokok

Asap rokok bisa mengganggu peraliran darah terhadap kinerja jantung, jadi jantung pun sangat beresiko terganggu, bahkan berujung pada gagal jantung. Oleh Karena itu saya sarankan jika ada yang merokok disamping kita lebih baik jaga jarak dari perokok pasif, agar kita tidak terlalu banyak menghirup asap rokok.

Olahraga Ringan

Aktivitas fisik ringan dianggap bermanfaat bagi kalangan masyarakat yang normal (tanpa penyakit jantung) ataupun yang sudah terkena gagal jantung. Olahraga ringan dimaksud seperti bersepeda santai atau berjalan kaki.

Olahraga ringan ini bisa saja meningkatkan daya dobrak peraliran darah ke jantung dan bisa memperbaiki gejala-gejala (jika kita sudah terkena gagal jantung), serta mengalami sesak nafas, pusing, sakit dada, mual dan keringat dingin harus berhenti olahraganya atau bisa juga hubungi dokter terdekat.

Kesimpulan

Gagal jantung merupakan kondisi kesehatan serius ketika jantung tidak dapat memompa darah yang cukup ke seluruh tubuh, disebabkan oleh melemahnya otot-otot jantung dari waktu ke waktu. Oleh karena itu saya anjurkan jagalah kesehatan kita, karena sehat itu mahal.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, itulah istilah dalam pengobatan. Untuk itu saya anjurkan kita harus menchek kesehatan secara berkala ke rumah sakit atau dokter spesialis jika terkena penyakit gagal jantung. Serta obat yang diminum harus sesuai dengan ketentuan dokter iya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekian ulasan mengenai bagaimana cara pencegahan penyakit jantung, beserta gejala-gejala dari ringan hingga terparah. Siapa yang ingin menjaga kesehatan jantung kita? Silahkan berikan jawabannya dibawah kolom komentar yang sudah disediakan.

About Eko Prasetyo

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger.

Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

View all posts by Eko Prasetyo →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *