Praktisnya dari Karawang Ke Jakarta Menggunakan Kereta !

Jika dilihat dari jarak, Karawang ke Jakarta ini memang tidak terlalu jauh, hanya sekitar 2 hingga 3 jam saja. Namun walaupun terbilang tidak terlalu lama, bagi Anda yang memang mempunyai aktivitas dikawasan Jakarta atau bahkan di Karawang, hal-hal seperti ini dinilai cukup melelahkan.

Belum lagi jika kemacetan terjadi, tentunya hal ini akan semakin melelahkan. Oleh karena itu, pihak PT. KAI, menyediakan layanan kereta api dari Jakarta ke Karawang atau sebaliknya.

1. Nyamannya Menggunakan Fasilitas Kereta

Sebenarnya layanan kereta api ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Hanya saja karena beberapa keterbatasan yang ada, tidak banyak orang yang menggunakan fasilitas tersebut.

Lain dengan saat ini, dimana untuk memperoleh informasi dan tiket kereta api jauh lebih mudah dan cepat. Alhasil kereta api seperti ini menjadi salah satu langkah praktis dan mudah untuk bepergian dari Karawang ke
Jakarta atau sebaliknya.

Bisa dibilang kereta menjadi langkah anti macet dari Karawang Jakarta. Bayangan saja, jika menggunakan kendaran pribadi, umumnya jarak tempuhnya sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan, dan belum termasuk macet. Namun menggunakan kereta api, maka jarak tempuhnya sekitar 1 jam saja.
lantaran, menggunakan jalur khusus.

Jadi Anda yang mempunyai aktifitas, seperti bersekolah, bekerja
atau yang lainnya di kawasan Jakarta, maka ini akan menjadi jawaban Anda untuk melakukan aktivitas secara nyaman, walau mempunyai rumah di kawasan Karawang.

Mengingat lama perjalannya sendiri terbilang singkat, maka jumlah perjalanan yang dapat dilakukan oleh kereta api ini terbilang cukup
banyak, yaitu sekitar 4 kali perjalanan, baik dari stasiun Karawang atau juga dari Stasiun Jakarta.

Stasiun Jakarta yang dimaksud adalah Stasiun Pasar Senen, walaupun Anda juga dapat turun di Stasiun Tanjung Priuk atau di Stasiun Jatinegara. Untuk nama kereta api yang melayani rute keberangkatan dari Karawang ke Jakarta atau sebaiknya ini ada 2, yaitu Singasari dan Jayabaya.

Kedua nama jenis kereta api tersebut, masing-masing mempunyai 2 layanan dalam 1 rangkaian gerbong, yaitu gerbong ekonomi dan gerbong eksekutif. Jadi Anda sebagai penumpang, dapat memilih fasilitas kereta api yang diinginkan.

Untuk menuju dan pergi dari stasiun untuk menuju kawasan lainnya, di Jakarta atau sebaliknya, tidak perlu khawatir. Karena lokasi stasiun sendiri berada di pusat keramaian, jadi untuk memperoleh kendaraan umum, tidak sulit. Anda dapat menggunakan transportasi online atau transportasi umum lainnya.

2. Tiket Kereta yang Mudah Diperoleh

Yang menarik disini adalah, untuk memperoleh tiket kereta baik itu kereta Singasari atau juga Jayabaya ini sangat mudah, dan juga praktis. Selain Anda dapat mengunjungi loket resmi dari PT. KAI di stasiun. Kita juga dapat menggunakan aplikasi booking online yang ada website resmi atau juga di aplikasi, yang ada di ponsel pintar Anda.

Membeli dan memesan tiket menggunakan cara online seperti ini terbilang sangat mudah dan juga praktis. Tidak hanya sampai disana, Anda juga akan memperoleh berbagai macam informasi tentang kereta yang dibutuhkan.

Mulai dari jadwal keberangkatan, jadwal tiba, jenis kereta, posisi tempat duduk yang diinginkan, kelas kereta, bahkan hingga tanggal keberangkatan kereta pun dapat Anda pilih, hingga 90 hari sebelum keberangkatan. Anda yang ingin melakukan traveling ke Jakarta, juga dapat merencanakannya sejak-jauh-jauh hari.

Karena nama kereta dan juga kelas kereta dari Karawang ke Jakarta ini cukup beragam, pastinya harga yang ditawarkan juga beragam. Mulai dari tarif 150 ribuan rupiah hingga 250 ribuan rupiah. perbedaan harga ini juga berdasarkan posisi tempat duduk, dan tanggal keberangkatan itu sendiri.
Proses pembayaran lebih mudah.

Walaupun bagi sebagian orang harga tiket tersebut, terbilang cukup mahal, tapi jangan salah, karena ada kalanya harga tiket tersebut belum termasuk diskon. Jadi artinya harga yang akan Anda bayar jadi jauh lebih murah.

Keuntungan lainnya menggunakan layanan online adalah, sistem pembayarannya yang lebih mudah, dan juga praktis. Dalam hal ini, kita dapat memilih salah satu dari beberapa sistem pembayaran yang ada, untuk dilakukan.

Dari hasil pembayaran tiket itulah, e-tiket akan langsung dikirim ke email Anda, dan nantinya ini akan digunakan sebagai alat tukar untuk tiket boarding pass.

About Eko Prasetyo

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger. Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

View all posts by Eko Prasetyo →

16 Comments on “Praktisnya dari Karawang Ke Jakarta Menggunakan Kereta !”

  1. Kebayang sih gimana enaknya naik transportasi umum dg kereta. Bebas macet itu yang pertama. Apalagi kalau digunakan untuk kerja yang artinya mesti 5 atau 6 hari seminggu bolak-balik Jakarta-Karawang atau sebaliknya.

  2. Memang enak naik kereta, kalau ada. Dan ini beneran ada. Asyik!!!
    Naik kereta itu cepat dan nyaman, anti macet dan berhenti kecuali di tempat yang seharusnya. Saya juga selalu beli tiket kereta kalau ke Jakarta. Beli kartu BRT juga. Kalau pulang diuangkan kembali. Ini lebih irit dan praktis versi saya.

  3. Iya ya, tarifnya agak mahal juga ternyata. Tapi aku enggak tau sih, jika dibandingkan dengan tarif moda transportasi lainnya di Jakarta kayak gimana. Kalau buat orang di luar Jakarta sih termasuk mahal. Hehe.
    Btw naik kereta api tuh menyenangkan sekali buatku 🙂

  4. sebenarnya untuk angkutan darat emang paling neak naek kereta apalagi untuk jarak yang jauh. berasa lebih aman, nyaman dan leluasa karena tempatnya yang lebih luas. Dulu sukanya naek kereta karena bisa icip semua makanan asongannya hahaha

  5. Oh…jadi meskipun sudah booking online, tetap harus cetak tiket yaa…?
    Aku pikir sudah paperless, hanya tinggal menunjukkan bukti ticketing via online tersebut.
    Tapi yang pasti, cara booking online ini sangat memudahkan dan menghindari kehabisan tiket saat perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *