8 Ciri Tanda Smartphone Terkena Virus Dan Cara Mengatasinya!

Tidak ada habisnya virus membuat kegaduhan pada smartphone, kini Anda tida perlu khawatir akan hal itu. Pasalnya, saya akan berikan informasi mengenai tanda-tanda smartphone terkena virus. Semakin cepat mengetahuinya maka semakin cepat bisa diatasi.

Sekedar informasi, pada zaman modern ini ponsel pintar dapat berfungsi dengan baik seperti untuk menyimpan atau mengakses data-data penting perusahaan, bahkan bisa melakukan transaksi perbankan dalam satu device dalam koneksi jaringan internet.

Tanda Smartphone Terkena Virus

Apakah ponsel Anda sudah terkena virus atau terinfeksi malware? Berikut tanda smartphone terkena virus dan solusi yang harus dihadapi.

Tanda smartphone terkena virus
Tanda smartphone terkena virus foto by Mastekno

1. Daya Tahan Baterai Ponsel Mudah Drop

Salah satu kesukaan dari malware ialah menjalankan aplikasi ponsel tanpa sepengetahuiam Anda, sehingga akan menguras baterai secara lebih cepat habis.  Oleh karena itu, coba Anda cari tahu apakah ada aplikasi tidak diinginkan yang hadir di Android.

Tanda smartphone terkena virus malware
Tanda smartphone terkena virus malware foto by JalanTikus

Caranya Anda hanya perlu buka Setting > Apps untuk memeriksa daftar seluruh aplikasi yang ada di smartphone. Melalui daftar seluruh aplikasi, pasti ada salah satu aplikasi asing yang mungkin saja selama ini merekam segala gerak-gerik aktivitas smartphone Anda.

2. Saat Menerima Telepon, Ponsel Tiba-tiba Mati Dengan Sendirinya

Sangat menyakitkan jika disaat menelepon tiba-tiba mati dengan sendirinya,hal ini disebabkan oleh hadirnya malware. Kenapa terinfeksi oleh Malware? Karena virus ini dapat merusak atau dapat mempengaruhi panggilan masuk.

Tiba-tiba telepon mati sendiri terkena virus
Tiba-tiba telepon mati sendiri terkena virus foto by Birilio

Jadi, saat Anda sedang menerima telepon dari orang lain tanpa diketahui dengan jelas terputus pembicaraan, maka bukan jaringannya yang akan terganggu, bahkan pulsa si penelpon habis.

3. Mengirim atau Menerima SMS Aneh

Bukan hanya dari segi panggilan yang terinfeksi malware,  bahkan dari SMS juga bisa terinfeksi. Hal ini ada peretas mungkin sedang menggunakan teknik phising untuk mengambil alih akun perbankan atau media sosial milik Anda.

Tanda smartphone terkena virus malware
Tanda smartphone terkena virus malware foto by Koreabizwire

Jika Anda mendapat sms aneh, segera hapus sms tersebut atau alangkah lebih baik jika Anda mengaktifkan otentikasi dua langkah di semua layanan yang mendukung.

4. Smartphone Anda Menjadi Lemot, Kenapa Iya?

Tanda smartphone terkena virus lainnya ialah menurunnya performa, smartphone jadi lemot dan lebih parahnya sering hang. Mungkin ponsel Anda telah mengunduh cache yang berisi malware berbahaya.

virus android
Virus android foto by bedahgadget

Kendati Anda tidak merasa mengunduh aplikasi yang berat dan tidak terjadi kerusakan sistem, maka bisa jadi yang menyebabkan ponsel pintar Anda disebabkan oleh malware. Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan “Clear Cache”.

Cache merupakan beberapa file aplikasi dan situs web yang disimpan pada ponsel dalam rangka untuk mempercepat waktu yang dibutuhkan ketika Anda membuka aplikasi lagi.

Baca juga : 3 Cara Paling Jitu Melindungi Data Penting Di Smartphone !

5.  Muncul Iklan Pop-Up

Anda suka bermain game Android? Jika iya, pasti dalam sela-sela bermain game akan menemukan iklan pop-up atau sedang membuka aplikasi tertentu, itu wajar.

Yang tidak wajar ialah jika Anda tidak membuka aplikasi atau game,tapi iklan pop-up muncul dalam laman homescreen, lockscreen dan lain sebagainya.

Muncul iklan Popup
Muncul iklan Popup foto by Warna IPTEK

Alangkah baiknya, jangan sampai Anda mengklik iklan yang muncul karena kemungkinan itulah salah satu jalan untuk peretas mengambil informasi penting milik Anda.

6. Redirect Malware

Jika Anda sedang membuka browsing atau membuka aplikas tertentu, namun muncul redirect ke situs yang mencurigakan. Segera lakukan close atau tutup laman tersebut, karena itu bisa jadi malware.

7. Paket Data Habis, Dengan Tidak Wajar

Pernah kah Anda mengalami cepat habis paket internet? Padahal Anda tidak banyak mengakses internet, mungkin ini disebabkan oleh malware yang menyedot habis paket Anda atau terdapat aplikasi yang bisa menghabiskan kuota internet.

Kuota internet habis
Kuota internet habis foto by JetroNews

Coba Anda buka pengaturan > Data Usage.  Dari situ, Anda bisa lihat daftar aplikasi yang paling menyedot kuota. Jika aplikasi tersebut sering digunakan, itu tidak masalah.

Nah yang menjadi masalah ialah ketika ada aplikasi yang sangat jarang sekali digunakan muncul dalam daftar teratas, lebih baik aplikasi tersebut dihapus.

8. Waktu Booting Terlalu Lama? Ini Solusinya!

Saya juga pernah mengalami waktu booting yang lama ketika menyalakan atau restar smartphone, mungkin karena itu RAM dan memori internal rendah, sedangkan aplikasi yang aktif segudang atau mungkin karena adanya malware yang mengkonsumsi banyak waktu booting.

Tanda smartphone terkena virus malware
Tanda smartphone terkena virus malware foto by JalanTikus

Dikala itu saya langsung menghapus sebagian aplikasi yang aktif, akan tetapi waktu booting masih tetap lama dan lebih parah, maka solusi yang sangat dihandalkan ialah melakukan Factory Reset.

Nah itulah delapan tanda-tanda  smartphone terkena virus beserta solusinya, sebelum Anda benar-benar mengalaminya. Harap mengenali tanda-tanda tersebut dan lakukan solusi mengatasi smartphone yang terkena virus secara cepat.

Bagaimana pendapat Anda mengenai tanda-tanda smartphone yang terjangkit malware? Silahkan komentar dibawah artikel atau Anda bisa share artikel ini ke sanak saudara, teman, sahabat untuk memberitahukan informasi mengenai virus dalam smartphone beserta solusi yang diberikan.

Eko Prasetyo Penulis

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger. Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *