Staycation : 3 Tempat Liburan yang Asyik dan Nyaman di Jakarta

Perahu Wisata

Staycation adalah jenis liburan yang tak perlu membuatmu pergi jauh-jauh dan cukup menginap di hotel saja. Alhasil saya bersama teman-teman blogger lainnya memulai perjalanan dari Putri Duyung Resort menuju ke pulau bidadari. Sedangkan untuk jarak tempuhnya kurang lebih 20 – 25 menit pakai perahu.

Pulau Bidadari
Pulau Bidadari

Sekedar informasi, bahwa putri duyung resort ini bertempat di Taman Impian Jaya Ancol merupakan tempat singgah andalan ancol untuk berburu sunset maupun mencari angin segar dibantaran pantai dan menikmati fasilitas lainnya. Terus, saya melakukan experience selama 2Day 1Night di mulai dari :

Liburan yang Asyik dan Nyaman di Jakarta

1. Pulau Bidadari

Untuk menuju ke pulau bidadari kita bisa lewat Putri Duyung Resort dengan jarak tempuh 20 – 25 menit dan kisaran harga 300rb menggunakan kapal khusus, tapi kalau kapal (perahu) seperti nelayan kisaran 165rb. Tapi lain halnya jika kita ingin menginap pulau bidadari resort, maka harga perjalanan Pp (pulang-pergi) bakal 1 paket bersama biaya sewa inap.

Adat Betawi
Adat Betawi

Pas masuk gerbang Putri Duyung Resort kita akan disuguhkan panorama khas kental adat betawi dari lagu, pakaian maupun minuman (bir pletok) yaitu jahe merah yang hangat di tenggorokan. Kemudian kita berkeliling mengelilingi Pulau Bidadari dan suasana disana cukup terik matahari menghiasi tubuh, serta pulau bidadari punya penginapan yang bernama Pulau Bidadari Cottage.

Cottage Eksekutif
Cottage Eksekutif

Pulau Bidadari memiliki 43 Cottage yang terdiri dari desain Tiongkok (China), Betawi dan Belanda dengan pilihan 1bedroom bernama Cikini Cottage cocok untuk yang ingin Honeymoon dan 2bedroom + 2 Toilet bernama Gandaria Cottage.

Senayan Cottage
Senayan Cottage
Cikini Cottage
Cikini Cottage

Sedangkan senayan cottage punya 3bedroom + 2 toilet yang cocok untuk nongkrong bersama para sahabat maupun teman kolega. Namun jika kesini rombongan ada paket bernama Dormitory yang berkapasitas hingga 24orang.

Harganya bervariasi bisa cek gambar diatas, harga sudah include boat (pulang-pergi), asuransi, makan dan pajak dan semakin banyak orang, maka harga pun makin murah. Fasilitas yang kita dapat disana ialah Masjid, Teman bermain anak-anak, tempat olahraga (basket, futsal dll), Spot foto untuk instagramble, tempatnya adem banget dengan pohon rindang disetiap jalan.

Spot Foto Pulau Bidadari
Spot Foto Pulau Bidadari

Bahkan disana juga ada resto bernama Gambir resto, Sunda kelapa resto dan kolam renang bertipe Infinity Pool, jadi kita bisa berenang sambil melihat indahnya pemandangan laut di sisi pantai. Bahkan menariknya ada bangunan kuno bernama Benteng Martello. Benteng ini merupakan peninggalan belanda sebagai sarana pengawasan untuk melakukan pertahanan dari serangan musuh.

Benteng Martello
Benteng Martello

Tapi kini tempat tersebut bisa dijadikan untuk foto pre-wedding dengan paket berbeda, oleh karena itu kita bisa chat DM (Direct Messenger) ke Instagram Pulau Bidadari Cottage untuk menanyakan harga paket foto pre-wedding.

2. Putri Duyung Resort

Putri Duyung Resort
Putri Duyung Resort

Dari Pulau Bidadari rute selanjunya akan mendarat manis ke Putri Duyung Resort, karena tidak menginap di pulau tersebut. Alhasil sore nya memburu sunset, tapi pas sampai resort tidak mendapatkan sunset karena cuaca nya mendung dan hari pun semakin gelap cari suasana yang tepat untuk menikmati angin laut sepoy menyejukan hati.

Rumah di Putri Duyung Resort
Rumah di Putri Duyung Resort

Seharian sudah lelah dengan jalan-jalan pulau bidadari, kini saatnya rebahan dikasur. Oh iya sebelum saya tidur, ada informasi penting yaitu Putri Duyung Resort memiliki 129 cottage dengan nama-nama dari hewan laut.

Fasilitas Putri Duyung Resort
Fasilitas Putri Duyung Resort

Dan saya tidur di kamar Kepiting yang bertipe 2bedroom + 1 Toilet + ruang santai + Peralatan Mandi + Kulkas Mini + Air Galon, serta masuk ke penginapan menggunakan kunci e-card, jadi bentuknya seperti atm, mudah dibawa dan bisa menyimpannya di dompet.

Fasilitas Putri Duyung Resort
Fasilitas Putri Duyung Resort

Sedangkan untuk bepergian kita bisa menelepon melalui telepon rumah yang sudah disediakan agar mobil wara-wiri bisa menjemputnya dan dipagi hari saya bangun, karena tempat tidurku terkena cahaya matahari. Jadi saya keluar, lalu mengabadikan momen indah tersebut melalui foto.

Matahari Terbit
Matahari Terbit

Fasilitas yang paling menarik ialah kolam renang berkonsep Infinity Pool yang terdiri dua tempat khusus diantaranya untuk anak-anak dan dewasa. Kebetulan dipagi hari terpancar matahari cerah, sehingga udaranya sejuk, menikmati angin laut dipagi hari sungguh nyaman banget.

 

Harga paling rendah kisaran 1jutaan untuk weekdays (harga berubah-ubah tanpa pemberitahuan) dan menginap disini sudah dapat tiket rekreasi diancol seperti Atlantis Water Adventures & Ocean Dream Samudra, Dunia Fantasi, Seaworld Ancol.

Infinity Pool Putri Duyung Resort
Infinity Pool Putri Duyung Resort

Adapula fasilitas lainnya ialah Menyewa sepeda gratis, taman gazebo (anak-anak), Lapangan basket, Lapangan futsal bahkan dapat sarapan pagi dengan menu yang melegakan dahaga lapar.

Pasar Seni Ancol
Pasar Seni Ancol

Setelah sarapan kita bisa mengunjungi Pasar Seni menggunakan mobil wara-wiri. Pasar seni merupakan tempat seniman nasional maupun internasional yang menciptakan karya fantastic dengan gaya penuh emosional. Bahkan kita juga diajak melukis di batang kayu dan setiap hari (pasar seni) ada kelas edukasi bagi anak-anak seharga Rp 50.000/karya.

3. Atlantis Water Adventures

Pagi hari sudah melihat matahari terbit yang menawan, olahraga, sarapan, kini saatnya main air di Atlantis Water Adventures. Wahana ini punya yang tema multistructure dengan nama Asthatirta memiliki 8 slide berbeda dan memiliki arti diantaranya :

Wahana Asthatirta
Wahana Asthatirta
  • Acalpati (slide terbuka dengan putaran pada satu poros)
  • Cakra (Slide tertutup dan masuk ke dalam corong besar)
  • Anta (Slide terbuka dan terus berputar melingkar kedalam dengan poros berbeda)
  • Dawala (Slide yang tertutup namun memiliki ketinggian berbeda)
  • Aglis ( Slide ketinggian cukup rendah diperuntukan kepada anak-anak)
  • Apsara ( Slide tertutup dari awal hingga akhir)
  • Arsa (Slide tertutup namun ketinggiannya paling rendah)
  • Arshanti ( Slide untuk anak-anak yang aman bermain)
CRAZY 'The Higest & Longest Slide
CRAZY ‘The Higest & Longest Slide

Itulah wahana barunya, namun jika kalian punya Andrenalin tinggi bisa berkunjung ke wahana CRAZY ‘The Higest & Longest Slide punya ketinggian 18.6 & 22.8 meter bahkan rutenya sampai kejalan raya.

Wahana Atlantis Water Adventures
Wahana Atlantis Water Adventures

Sedangkan ada wahana ringan, namun bikin jantung yaitu skybox (masuk dalam kapsul), Dragon Race (selancar menggunakan karpet), Dragon Slide (menggunakan matras khusus terdiri dari 2 atau 4 orang). Kemudian ada wahana yang ringan Antila River (rasakan sensasi seperti mengikuti arus sungai) , kolam ombak Poseidon atau Apollo Poll untuk bermain air tenang dengan ketinggian mencapai 1.40meter.

Wahana ringan Atlantis
Wahana ringan Atlantis

Selain itu jika membawa anak-anak kecil bisa bermain di kolam bola maupun kolam gajah yang diperuntukan khusus mereka dengan ketinggian standar anak kecil. Harga tiket Rp 99.000 weekdays, Rp 140.000 weekends, sedangkan biaya tambahan jika ingin loker standar Rp 40.000, loker family Rp 80.000 (deposite Rp 40.000), Matras Rp 100.000 sepuasnya dan loker sesuai paket yang tersedia, serta slot yang tersedia.

Kesimpulan
Pulau Bidadari Cottage
Pulau Bidadari Cottage

Liburan tak perlu membuatmu pergi jauh-jauh, di daerah Jakarta juga masih banyak tempat yang wajib dikunjungi salah satunya Pulau Bidadari. Disana menampilkan jakarta tempo dulu yaitu adat betawi sangatlah kental, bahkan nama-nama cottage nya diberikan berupan nama jalan raya di DKI Jakarta seperti cikini, menteng, gambir, sunda kelapa dengan fasilitas lengkap lainya.

Putri Duyung Resort
Putri Duyung Resort

Selain itu ada bangunan kuno bernama Benteng Martello yang kita bisa foto sepuasnya, mengingat tempat tersebut bersejarah di masa lampau dan taman bermain pun lebih lengkap. Selepas pulang dari Pulau bidadari bisa singgah di Putri Duyung Resort yang memiliki desain rumah unik, fasilitas lengkap, bisa bermain ke pasar seni bahkan bisa menyaksikan matahari terbit maupun berburu sunset.

Kemudian kita juga bisa mengajak putra-putri atau keluarga bermain air di Atlanits Water Adventures dengan wahana terbaru terdiri dari 8 slide dan wahana yang memiliki andrenalin tinggi bisa mencobanya langsung.

Wahana Asthatirta
Wahana Asthatirta

Mari main ke Taman Impian Jaya Ancol dan menikmati wahana yang menarik disana, tak perlu pergi keluar kota maupun ke luar negeri. Di Tanah air juga bisa merasakan sensasi liburan menyenangkan yang bikin suasana hati lebih tenang.

About Eko Prasetyo

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger. Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

View all posts by Eko Prasetyo →

14 Comments on “Staycation : 3 Tempat Liburan yang Asyik dan Nyaman di Jakarta”

  1. Catet ya bahwa Jakarta masih ada tempat yang gak macet2 tan dan enak buat liburan. Kalau aku ada kesempatan, mau ke Pulau Bidadarinya sih. Bolehlah nginap barang 2-3 hari

  2. Sebenarnya Jakarta tak melulu hiruk pikuk dan macet ya bro, banyak juga lokasi wisata yang nyaman dikunjungi dan cocok buat beristirahat dan menghabiskan waktu libur. Bakalan seru kalau ngajakin keluarga santai disana. Cihuy banget nih

  3. Saya pengen banget bisa ke Pulau Bidadari. Sungguh! Apalagi ke benteng. Wisata ke pulau ini bisa digarap ala Pulau Jeju di Korea, lho, sebenarnya. Bikin paket wisata yang mengesankan pengunjung.
    Aih, pengen… pengen… pengen!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *