5 Tips Sewa Mobil di Jakarta yang Nyaman dan Aman

DKI Jakarta atau bisa disebut dengan Kota Metropolitan, sejuta umat manusia mencari nafkah namun selain mencari sesuap nasi, kita juga bisa melakukan aktivitas jalan-jalan ke beberapa wisata murah yang di Jakarta. Saking luas dan padatnya Ibu Kota kita harus berjibaku memilih antara naik kendaraan umum, menyewa kendaraan atau pakai kendaraan pribadi.

Pilihan tersebut yang membuat hati kita bimbang memilih yang mana, namun untuk warga pendatang dan tiba di Ibu Kota barengan keluarga besar lebih baik menggunakan angkutan pribadi. Namun ada hal yang patut diperhatikan disaat ingin sewa mobil di jakarta sebagai berikut :

1. Pilih Hari dan Harga yang Tepat di Kantong

Hal pertama yang kita perhatikan dimulai dari Harga. Memang sih benar harga tersebut bisa dikatakan krusial, mengingat liburan harus punya rencana kemana saja dengan budget biaya Pp (Pulang-Pergi), Makan, Penginapan bahkan untuk menyewa kendaraan bermotor untuk sanak keluarga.

Oleh karena itu mempertimbangkan kapan waktu ingin berlibur itu sangat penting. Mengingat di hari libur Nasional permintaan sewa mobil meningkat dibandingkan hari biasa (weekdays), maka nya lebih baik lakukan booking telebih dahulu agar liburan makin menyenangkan dan tidak bingung ingin kemana saja.

Bahkan dengan menyewa jauh-jauh hari sebelumnya, kita bisa terhindar dari permainan harga sekaligus dapat menyesuaikan dengan budget yang sudah direncanakan.

2. Pilih Mobil Sesuai dengan Kebutuhan

Sudah memilih hari dan harga yang sesuai budget, kini saatnya memilih jenis mobil yang digunakan. Karena bagaimanapun jika berlibur bersama keluarga harus bisa menghitung butuh berapa kursi bersama jumlah para penumpang dan barang bawaan, serta oleh-oleh dari Jakarta.

Misalnya jumlah 3 – 4 orang dengan bawaan tidak terlalu banyak, kita menyewa mobil jenis seperti APV yang lebih luas, tapi lain halnya jika kita bepergian dengan membawa barang seadanya, tanpa membebenai kendaraan, maka lebih baik pilih mobil sedan.

Kendati demikian keduanya wajib dipertimbangkan, namun kendaraan tersebut memenuhi budget yang kita punya. Jangan sampai salah memilih mobil dan harga yang diluar dari rencana, maka dariitu pilih sesuai dengan harga di kantong.

3. Tanyakan Kondisi Kendaran Fasilitas Kendaraan

Hari, Harga dan kebutuhan jenis mobil yang ingin kita sewa merupakan solusi mencari kendaraan untuk rencana liburan, namun ada hal sangat krusial banget yaitu kondisi kendaraan yang ingin kita gunakan, apakah rajin di service, apakah kondisi ban sangat bagus untuk perjalanan.

Sedikit rewel wajar, namun teliti pada kondisi mobil yang akan digunakan itu bermanfaat banget dalam perjalanan dan memang ada kekurangan pada mobil kita bisa langsung meminta ganti dengan mobil yang memang layak pakai. Misalnya saja body yang baret maupun operasional mesin apakah sudah nyaman.

Agar ketika dijalan tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, misalnya saja bila mobil mogok karena mesin yang sebetulnya tak layak jalan. Jika mobil sudah Anda pakai dan mengalami kerusakan, itu akan menjadi tanggungan Anda sebagai penyewa.Β Jadi selalu teliti dan tanyakan kondisi mobil tersebut dengan jelas, supaya kita tak akan dirugikan. Sudah sewa mobil ternyata rusak dijalan. Sehingga liburannya jadiΒ tidak asyik. Malah hilang sudah mood liburannya.

4. Fasilitas Kendaraan

Jangan lupa juga untuk menanyakan fasilitas yang Anda peroleh apa saja dengan harga sewa mobil tersebut. Apakah rental mobil lepas kunci tanpa supir, plus supir hingga paket sewa plus bahan bakarnya sekalian.

Tanyakan dengan jelas fasilitas apa saja yang bakal kita dapat agar tak terjadi kesalah pahaman atau dapat asuransi kah, bahkan ada promo apa jika menyewa kendaraan tersebut. Hal ini berkepentingan untuk meminimalisir pengeluaran disaat liburan dan membandingkan antara Mobil A dengan Mobil B.

5. Isi Biodata si Pengemudi

Jika hatinya sudah meminang hari yang tepat, jenis mobil, harga sesuai dikantong dengan mesin terbilang “OKE” maka kita harus menyetor data diri (identitas) seperti SIM (surat ijin mengemudi), KTP (kartu tanda pengenal), Namun jika kita sudah langganan menyewa di tempat tersebut maka prosesnya sangatlah cepat, bahkan bisa-bisa tanpa syarat.

Kesimpulan

Memilih hari yang tepat, harga sesuai kantong, jenis mobil yang digunakan, fasilitas atau keadaan mesin bahkan mengisi isi biodata demi kenyamanan berkendaraan merupakan tips singkat untuk menyewa mobil di Jakarta terasa aman dan tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Liburan makin menyenangkan jika sudah memilih kendaraan tepat untuk kumpul-kumpul bersama keluarga maupun teman, karena disaat mengelilingi Jakarta malah kendaraan yang disewa itu mogok, dijamin mood untuk liburannya pun akan hilang.

Oleh karena itu tips yang diatas bisa dijadikan refrensi atau bahan pertimbangan sebelum menyewa kendaraan. Selamat berlibur dan wahana mana yang kita kunjungi di Jakarta apakah Ancol, Ragunan, atau lainnya bisa komentar di kolom yang sudah disediakan.

About Eko Prasetyo

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger. Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

View all posts by Eko Prasetyo →

24 Comments on “5 Tips Sewa Mobil di Jakarta yang Nyaman dan Aman”

  1. Tips sewa mobilnya lengkap dan selangkah demi selangkah. Sangat bermanfaat bagi yang ingin mencari tahu cara sewa mobil seperti ini. Kadang kan gak kepikiran tanya tentang kondisi mobil dan hal-hal yang deTail seperti itu. TFS ya

  2. Tipsnya ngebantu banget nih apalagi buat yang beramai2 ke Jakarta, dari pada taksi online terus kan boros ya hehe. Paling penting kondisi mobilnya sih buat keamanan

  3. Kalau sewa mobil memang kudu banget cek kondisinya gimana. kan gak banget kalau mau liburan eh malah mobilnya mogok. Kali aja bisa santai dan gak pakai macet saat di Jakarta

  4. Kadang lupa nanya lebih rinci tentang fasilitas apa saja yang didapat ketika menyewa kendaraan,aku pernah, ternyata pas terima kunci bahan bakar tidak termasuk dalam fasilitas tersebut, cuma dikasih seadanya aja, alhasil ketar-ketir pas masuk tol, takut bensinnya ndak cukup :”)

    makanya lebih baik pait-paitnya ditanyakan di awal, biar kedua belah pihak sama-sama enak hehe

  5. Nah, ini infonya sangat membantu kak. Karena, biasanya kalau bepergian suka bingung mau kemana-mana pakai apa. Kalau ada yang bisa rental mobil sih enak, jadinya bisa kemana aja bebas dibandingkan pakai transport umum gitukan ya.

    1. Iya bener, kadang kalau pake transportasi umum hanya turun sesuai rute nya.
      Kalau menyewa mobil kan lebih hemat tenaga dll.
      Tapi jangan lupa membawa surat-surat lengkap seperti SIM dan STNK..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *