4 Cara Memilih Asuransi Untuk Perlindungan Keluarga yang Tepat

Pentingkah Asuransi Kesehatan? Bagiku ini sangatlah penting, karena yang namanya kecelakaan tidak ada yang tahu dimana tempat dan kejadian perkara tersebut dan mampu meminimalisir biaya untuk perlindungan keluarga selain BPJS kesehatan.

BPJS kesehatan dan Asuransi Kesehatan, keduanya punya peran yang khusus untuk kita menjamin keselamatan kepada keluarga. Serta saya juga akan ulas singkat bagaimana cara memilih Asuransi yang aman dengan perlindungan sesuai kebutuhan sebagai berikut :

Asuransi Untuk Keluarga

1. Jenis Paket yang Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang kita perhatikan ialah pilihan paket sesuai kebutuhan misalnya Paket ganti rugi, paket keluarga, paket lanjut usia, paket kehamilan, paket keuntungan tunai harian rumah sakit, paket penyakit kritis. Lengkap kan jenis-jenis paketnya!.

Tapi kita pilih salah satu saja yakni Paket keluarga. Paket ini menanggung anak-anak dan pasangan, sehingga bisa dengan mudah meningkatkan paket individu menjadi paket keluarga. Sebagai contoh awalnya kita masih bujang, kemudian punya istri dan anak. Paket tersebut kita bisa ubah ke Paket Keluarga.

2. Transaksi Aman, Nyaman dan Tidak Tersembunyi

Setelah paket sudah dipilih, selanjutnya yang patut diwaspadai ialah mengenai transaksi digunakan apakah itu aman, nyaman dan tidak ada biaya-biaya yang aneh dari pihak Asuransi.

Jadi kita harus mewaspadai hal tersebut agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan, kini serba digital. Apapun transaksinya bisa melalui online bisa menghemat waktu dan proses klaim kesehatannya dipermudah dengan dua pilihan yakni proses klaim non-tunai dan klaim penggantian.

3. Premi atau Tanggungan

Setelah memilih jenis paket dan transaksi yang tepat, kemudian bagian terpenting ialah dari premi atau tanggungan berapa orang yang akan diklaim untuk di Asuransikan. Premi merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulannya sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaannya di asuransi.

Oleh karena itu ada batasan tanggungan tahunan umum dapat berubah berdasarkan premi yang kita bersedia untuk bayar dan pilihlah tambahan sesuai kebutuhan mencakup rawat inap, rawat jalan, kesehatan gigi, kesehatan mata atau kehamilan.

4. Jaringan Rumah Sakit

Selalu periksa jaringan rumah sakit yang bekerja sama dengan penanggung dan menawarkan fasilitas klaim non tunai dalam paket tersebut agar bisa dengan mudah disaat mengajukan klaim kesehatan, serta kita juga harus bisa mengetahui apa saja yang bisa tanggungan-tanggungan yang tersedia seperti :

  • Rawat inap – Termasuk semua biaya medis yang terjadi saat opname, yaitu untuk jangka waktu lebih dari 24 jam.
  • Pra-Opname – Termasuk semua biaya medis yang terjadi pada hari-hari menjelang opname
  • Pasca-Opname – Termasuk biaya media yang terjadi setelah opname
  • Biaya Rawat Harian – Perawatan yang tidak memerlukan 24 jam opname berkat kemajuan teknologi
  • Perawatan Rumah – Biaya medis untuk perawatan rumah yang sebaliknya akan membutuhkan rawat inap
  • Ambulans Darurat – Biaya dalam penggunaan ambulans untuk mencapai rumah sakit.

Lain halnya, jika kita melakukan operasi plastik atau terdapat cedera karena percobaan bunuh diri itu tidak bisa mengajukan klaim kesehatan, serta Paket asuransi kesehatan tidak menanggung terapi seperti akupuntur, naturopati, terapi magnet dan bentuk terapi alternatif.

Kesimpulan

Perlu diingat, sebelum membeli paket Asuransi kesehatan untuk keluarga teliti dulu semua fasilitasnya. Berapa besar tanggungan dari perusahaan tersebut, berapa lama cara klaimnya. Terutama premi dan tanggungan berapa orang yang akan diklaim untuk di Asuransikan agar bisa memprediksi pengeluaran berapa rupiah untuk Asuransi tersebut, selain biaya BPJS Kesehatan.

Anggaran itu patut diperhitungan dengan cermat sesuai kebutuhan keluarga, jangan sampai salah memilih, nanti jika salah memilih malah rugi diri-sendiri disaat ingin mengklaim kesehatan. Semoga artikel diatas bisa dijadikan refrensi untuk sebelum memilih Asuransi yang tepat dan aman transaksinya untuk keluarga.

About Eko Prasetyo

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger. Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

View all posts by Eko Prasetyo →

25 Comments on “4 Cara Memilih Asuransi Untuk Perlindungan Keluarga yang Tepat”

  1. Hmm.. sedikit banyak paham soal asuransi yang di ulas Eko.. hanya saja gw belum begitu tertarik untuk menjadi nasabah Asuransi. Membantu pastinya jika kelak ada apa2 kalau pake asuransi.. dipikir ulang lagi nih :)))

  2. Asuransi memang selalu terkait jaminan kesehatan ya. Karena itu mengecek kerjasama asuransi dengan rumah sakit memang salah satu yg paling penting sebelum memutuskan ikut asuransi

  3. Bener banget mas dalam memilih asuransi harus sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan. Apalagi sekarang banyak banget asuransi dengan berbagai kebutuhan. Harus lebih pintar sih memilih.

  4. Yup, dibandingkan jenis asuransi lainnya, asuransi kesehatan menurutku paling penting. Karena kita tidak tahu kapan si sakit itu datang dan membuat kita harus dirawat di rs

  5. jelas, selain biaya premi, besarnya jumlah tanggungan dan cepatnya respon dari asuransi ini yang jadi beberapa hal vital dalam menentukan bahwa worthed gak sih asuransi ini. Selama itu dipermudah, ya why not?.

  6. Ulasan yang sangat bermanfaat sekali tentang cara memilih asuransi yang tepat untuk melindungi seluruh anggota keluarga. Sangat direkomendasikan bagi orang awam yang belum paham betul tentang asuransi untuk mengikuti tips dalam memilih asuransi yang tersedia di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *