Praktisnya Beli Tiket Kereta di Traveloka

Tidak perlu capek mengantri berjam-jam untuk mendapatkan tiket kereta, hanya dengan mengunjungi Traveloka.com maka tiket kereta api akan Anda peroleh. Cara menggunakan dan booking tiket-nya pun tidak sulit, Anda dapat membacanya pada ulasan berikut ini :

1. Buka aplikasi Traveloka

Hal pertama yang harus dilakukan, adalah membuka aplikasi traveloka. Anda dapat membukanya di website resminya seperti https://www.traveloka.com/id-id/kereta-api atau membuka aplikasi yang ada di android. Apabila Anda membukanya di android, pastikan Anda masuk ke menu transportasi, untuk kemudian masuk dan mencari informasi tentang layanan kereta yang ada.

2. Cari kereta yang Diinginkan

Setelah masuk ke dalam halaman pencarian kereta, berikutnya adalah mengisi berbagai macam data yang diperlukan untuk mendapatkan kereta yang dibutuhkan, seperti mengisi lokasi kota atau stasiun awal, dan juga stasiun tujuan, tanggal perjalanan, jumlah penumpang, dan aneka informasi lainnya yang ada pada halaman tersebut.

Untuk informasi penumpang, cek apakah terdapat bayi dalam penumpang yang akan ikut atau tidak. Anak yang usianya dibawah 3 tahun, maka harga tiketnya akan sedikit berbeda. Sedangkan anak yang usianya di atas 3 tahun, harga tiketnya sama dengan orang dewasa.

3. Pilih dan pesan kereta

Masuk ke halaman berikutnya Anda akan memperoleh informasi tentang detail kereta yang dibutuhkan. Anda akan melihat informasi tentang nama-nama kereta yang akan berangkat ke stasiun tujuan, jadwal kereta, harga tiket kereta, dan aneka informasi lainnya. Tentunya Anda dapat memilih salah satu kereta yang diinginkan.

Untuk mempermudah proses pencarian tiket, gunakan fitur ‘filter’ yang ada di bagian atas, seperti kelas, stasiun, kereta , dan juga waktu keberangkatan. Dengan demikian, Anda akan mudah menentukan kapan berangkat berdasarkan informasi tersebut.

Dalam halaman ini, informasi harga yang ada, akan disebutkan secara satuan. Sedangkan jika Anda berangkat lebih dari 1 orang, maka informasi tentang harga total, akan muncul di kolom ‘rincian harga’ yang ada di bawahnya. Dalam halaman ini, Anda juga dapat memilih kursi atau tempat duduk yang akan digunakan.

4. Lengkapi data pemesan dan penumpang

Pada halaman berikutnya, Anda juga perlu memasukkan informasi tentang data pemesan dan juga penumpang. Data ini sangat diperlukan, untuk klaim asuransi kelak. Ada 2 kolom yang akan diisi, yaitu kolom data pemesan dan kolom data penumpang.

Yang dimaksud dengan kolom data pemesan adalah informasi data pemesan tiket. Informasi yang diberikan adalah nama lengkap, alamat email dan no hp yang masih aktif. Sedangkan yang dimaksud dengan kolom data penumpang adalah, siapa saja yang akan ikut dalam keberangkatan atau penumpang kereta tersebut.

Jika Anda berangkat seorang diri, maka kolomnya hanya ada 1, jika lebih dari 1 maka kolom yang ada juga akan lebih dari 1. Adapun informasi yang akan diberikan adalah tentang nama penumpang. Sebelum masuk ke halaman berikutnya, yaitu halaman pembayaran, pastikan informasi yang diberikan benar.

5. Melakukan proses pembayaran

Masuk ke halaman ini, Anda akan ditawarkan beberapa pilihan pembayaran. Traveloka, memang mempunyai beberapa pilihan pembayaran, seperti menggunakan kartu kredit, membayar di salah satu minimarket, membayar menggunakan ATM, membayar menggunakan aplikasi atau bahkan membayar menggunakan fitur Pay Later.

Dalam hal ini, Anda dapat memilih salah satu metode pembayaran yang dapat digunakan. Pihak Traveloka, akan memberikan batas waktu setidaknya selama 48 jam untuk melunasi pembayaran tersebut.

Jika terlambat, maka booking tiket di awal akan hangus, dan Anda akan mengulang lagi di awal. Sebelum menyelesaikan proses pembayaran, pastikan kembali informasi pembayaran yang diberikan tepat.

6. Memperoleh e-tiket

Setelah proses pembayaran selesai, maka dalam jangka waktu yang tidak lama, atau setidaknya sekitar 20 menit, maka e-tiket akan langsung Anda peroleh. E-tiket ini sendiri akan didapatkan langsung di email yang diberikan di awal. Selain itu, Anda juga dapat mengeceknya di website Traveloka, tepatnya di menu pesanan saya.

e-tiket ini, yang nantinya dapat Anda tukarnya atau dapat dicetak, menjadi kartu boarding pas, di toko atau loket mandiri yang ada di stasiun kereta api. Jadi dari ulasan di atas, tentunya tidak sulit, untuk mencari dan memperoleh tiket kereta api dengan menggunakan aplikasi Traveloka tersebut.

About Eko Prasetyo

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger. Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

View all posts by Eko Prasetyo →

22 Comments on “Praktisnya Beli Tiket Kereta di Traveloka”

  1. Wah mudah banget ya sekarang bisa serba pakai aplikasi nggak perlu repot ke tempat pembelian tiketnya

    Ngomongin naik kereta, aku jadi penasaran gimana rasanya naik kereta. Soalnya di Kalimantan belum ada kereta hahaha

  2. Keren sih zaman sekarang ini, hanya dengan satu aplikasi, sudah bisa melakukan banyak hal. Apalagi untuk Traveloka sendiri, yang aku tahu dulu awalnya untuk beli tiket pesawat saja. Keren lah! Apalagi sudah pakai promo segala macam. Sukses aja deh.

    Tapi, wait? Waktu aku coba traveloka dulu, kok ga tersedia tiket kereta ekonomi, ya?

  3. Inovasi traveloka semakin Luas, berawal Dari pemesanan utk tiket pesawat, sekarang tiket KA juga bisa dibeli Dr traveloka. Dan Banyak lagi transaksi digital yang difasilitasi Traveloka dgn harga yg competitive

  4. Pas komen ini saya sedang di kereta dari Jakarta menuju Malang dan belinya di Traveloka donk hehe. Emang gampang banget sih cara pesan dan pembayarannya. Pas juga nih mas dapat eksekutip dengan harga lumayan di kantong. Traveloka msh jd salah satu OTA yg kusuka buat beli2 tiket

  5. Traveloka memang gemas sekaliii karena semuanya serba mudah, nggak hanya kemudahan memesan tiket kereta saja ya kak namun ada fitur lain yg nggk kalah kece. Contohnya Traveloka Xperience :3

  6. Sudah pernah beli tiket kereta dari Traveloka. Memang praktis banget. Dan sangat mudah pula. Puas banget. Tiket aman karena dikirim via email juga. Jadi, tinggal cetak boarding pas saja, saat di stasiun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *