(Hands-On) Samsung Galaxy S20 FE, Spesifikasi Lebih Optimal

Samsung-Galaxy-S20-FE-Indonesia

Samsung Galaxy S20 Series hadir tiga varian seperti Galaxy S20, S20+, dan S20 Ultra, tak hanya sampai disitu saja. Produsen smartphone, Samsung merancang satu unit lagi yang bernama Galaxy S20 FE.

Ponsel ini diklaim lebih efisien dari pada “tiga saudara” dengan desain masih senada, tapi masih ada perbedaan dari segi harga maupun lainnya. Mari simak ulasan singkat spesifikasi Samsung Galaxy S20 FE (Fan Edition) sebagai berikut :

1. Desain dengan Layar Memukau

Dibalik desain yang manis si Galaxy S20 FE terselubung layar seluas 6.5inci dalam rasio 20:9, ukuran layar tersebut berbeda dari Galaxy S20 (6,2 inci) dan Galaxy S20+ (6.7 inci). Namun gawai masih dibekali dengan refresh-rate tinggi sekitar 120Hz, sehingga kita bisa merasakan performa yang baik untuk tampilan visual seperti menonton film, video, maupun bermain game.

Mengenai dimensi 159.8 x 74.5 x 8.4mm dengan bobot seberat 190gram, sehingga kita bisa tidak perlu khawatir akan “lelah” menggenggam ponsel pintar ini dalam satu tangan dan dibagian bingkainya pun dilapisi alumunium yang sudah tersertifikasi IP68.

Apa itu Sertifikasi IP68?

Sertifikasi IP68 ini mampu melindungi ponsel terhadap air dan debu, kendati demikian sudah dilakukan uji kompeten oleh produsen smartphone, tapi setiap ponsel memiliki daya tahan yang berbeda. Jadi disarankan terlebih dahulu mengetahui keunggulannya, bila perlu tanyakan Customer Service nya perihal sertifikasi tersebut.

Misalnya apakah bisa klaim garansi bisa dilakukan jika terkena air yang tidak sengaja, sehingga smartphone mengalami mati total atau kemasukan debu yang menyebabkan performa berkurang.

Menelisik lebih dalam, tampaknya perusahaan masih mempercayai layar berjenis Super Amoled yang bersemayam didalamnya dengan desain infinity-O dibagian depan, sehingga layar nampak lebih luas dan One UI versi 2.5 berbasis Android 10.

2. Kamera Depan dan Belakang

Kamera depan maupun belakang Samsung Galaxy S20 FE termasuk smartphone flagship, kenapa dikatakan flagship? Karena Galaxy S20 FE terdapat 3 lensa kamera tertanam di bagian belakang. Pertama, kamera utama berukuran 12MP f/1.8 terdapat Dual Pixel PDAF, OIS.

Sedangkan dua lain nya sebagai penambah dengan ukuran 12MP f/2.2 (Ultrawide) dan 8MP f/2.0 yang kita bisa lakukan melalui zoom objek sebanyak 3x optical zoom sampai 30x space zoom. Fitur lainnya tidak bisa saya jelaskan secara rinci seperti mode pro berbagai parameter photography penunjang hasil foto.

Namun ada info menarik seperti adanya fitur Single-Take yang membuat kita tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan momen-momen berharga dengan menangkap hingga 14 jenis foto atau video dalam satu kali penangkapan.

Selain kamera belakang, Galaxy S20 FE juga tersedia kamera depan 32MP bersensor Sony IMX616 yang bisa dihandalkan dalam selfie ramai-ramai maupun single dengan fitur lebih lengkap.

3. Harga dan Dapur Pacu

Galaxy S20 FE tertanam chipset Exynos 990 yang masuk Indonesia dengan RAM 8GB dan memori penyimpan seluas 128GB, sehingga kita bisa bermain game tanpa khawatir lag dan menyimpan file-file berupa video, foto maupun gaming berat sekalipun.

Untuk bermain game maupun editing video biasanya sangat menyita waktu banyak dan haus akan baterai cepat terkuras. Namun lain halnya Galaxy S20 FE ditopang baterai cukup besar yakni 4.500 mAh dan didukung oleh fast charging 25W, fast wireless charging 15W, dan reverse wireless charging 4.5W.

Samsung-Galaxy-S20-FE-Indonesia
Samsung-Galaxy-S20-FE-Indonesia

Mengenai harga Galaxy S20 FE dibanderol sekitar Rp 9.999.000, sedangkan saudara angkatnya seperti Galaxy S20 dijual Rp10.999.000, Galaxy S20+ Rp11.999.000, dan S20 Ultra Rp14.999.000.

Fitur lainnya dari performa bermain game, daya tahan baterai, hasil foto jepretan tidak bisa saya update karena terbatas waktu dan tempat. Diantara tiga ponsel yaitu Galaxy 20, Galaxy S20+, Galaxy S20 Ultra dan Galaxy SS20 FE manakah yang ingin diminati? Bisa berikan berikan jawabannya melalui kolom komentar ya.

About Eko Prasetyo

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger. Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

View all posts by Eko Prasetyo →

61 Comments on “(Hands-On) Samsung Galaxy S20 FE, Spesifikasi Lebih Optimal”

  1. Samsung emang menggoda sih, mau tipe apapun nampak elegan aja gitu di mataku. ^^ Yang paling aku suka dari Galaxy S20 FE ini ya triple cameranya dan warna ijo mint nya.

  2. Yang saya suka dari Samsung ini desainnya dan hasil kameranya oke. Kalo disuruh milih, saya tertarik yang S20 Ultra dong, pasti speknya lebih gahar. Cocok banget untuk seorang content creator yang sering banget multitasking. Tapi sayangnya saya belum bisa lihat hasil fotonya hehehe

  3. Hehehe, sempat lihat nih Samsung Galaxy S20 FE…Speknya keren banget…Ya lumayan premium juga harganya…apalagi iklan yang seliweran BTS juga pakai, jadi makin pengen hehe

  4. TErnhyata debu juga bisa mempengaruhi performa sebuah pnsel ya, aku pikir cuma air aja. Untungnya Samsung Galaxy S20 Fe ubu sudah bersertifikasi IP68. Suka deh kalau ponsel ada fast charhingnya jadi gak perlu lama nunggu ya untuk mengidi daya

  5. Mupeng naksir abis. Nggak tau kenapa saya memang penyuka samsung galaxy dibanding Iphone atau merk mahal lainnya. Karena Samsung ini buat blogger bebas merdeka mau transfer file, pakai bluetooth dll semua bisa.

  6. Ada harga ada kualitasnya ya, kak. Spesifikasi nya aja udah ngeri. Paling menarik sih kamera selfi nya. Pasti makin seru wifi rame-rame begitu.

    Tapi apalah daya, tabungan masih dibutuhkan untuk keperluan lain. Jadi upgrade perangkat nanti dulu aja ๐Ÿ˜€

  7. Desainnya keren banget ya, di samping speknya juga tinggi. Pengen banget punya smartphone sekelas ini, tapi harganya masih belum kejangkau, hehe…

  8. Spesifikasi samsung galaxy S20 ini memang menggiurkan banget. Kemarin sempat galau juga antara mau yang S20 atau tab yang keluaran barunya. Ah, tapi Samsung memang keren-keren sih produknya. Sejak dulu pecinta Samsung banget aku.

  9. Lha, pantes spesifikasinya kece punya. Harganya juga oke banget, hehe. Aku paling tertarik sama spek kameranya. Fitur fitur Single-Take cocok banget buat berburu gambar candid.

  10. Klau spesifikasi udah 8/128 mah jarang yang jelek sih ya, paling kelihatan di kualitas jepretan, tingkat panas, sama level hang pas multi-task. Seandainya S20 sudah 12/512, pasti lebih perfect lagi. Dan yang saya heran kenapa mereka enggak mau ngeluarin batere 6.000/6.500 mAh?. Padahal itu adalah daya tarik yang gak terelekkan juga sebetulnya.

    1. Karna yang baterai nya besar mereka sudah rilis di smartphone kelas menengah kak.
      Jadi untuk sekelas flagship 4000mAh sudah paling standar.
      karna kalau dinaikin kapasitasnya malah harga jualnya lebih mahal, karna menambah keunggulannya.

  11. Lihat harganya 10jutaan ++, dalam hati langsung menebak ini pasti flagship. Hehehehe, soal kualitas samsung dijamin ya, dari kamera, spare part aksesoris juga.

  12. Aku minggu lalu habis main ke samsung dan megang2 ketiga varian ini. Ya ampun ya.. gak kuat2 iman pengen beli juga. Aku pengen yg ultra sih hahaha beserta smart watchnya, ya ampoonn.. kabulkan ya Allah

  13. Sungguh Samsung S20 FE ini idaman banget karena kualitas kameranya itu lho, yang bikin oengin memiliki. Harganya juga fantastis ya, tapi ini sering jd saingan sama kamera boba kl di internet2 XD

  14. MasyaAllah harganya, sesuai dengan kualitasnya yo Mas.
    Aku pengen punya ini ya Allah, hehehe bisa banget nih buat kerja makin topcer.
    Aku liat samsung yang sekarang bisa dibuka dari lipatan satu kelipatan dua itu ngiler banget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *