5 Tempat Wisata Murah di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Monas Jakarta

Bertebaran informasi mengenai tempat wisata murah di Jakarta, namun sebagian orang awam yang belum tahu wilayah ibukota detailnya seperti apa. Ini bisa jadi rekomendasi liburan menarik.

Provinsi DKI Jakarta tergolong penduduk terpadat, bahkan kendaraan yang lalu-lalang pun banyak misalnya kendraan umum punya teknologi canggih seperti kereta cepat (LRT atau MRT), Busway pun terhubung keberbagai tempat wisata lainnya.

Beberapa tempat wisata memiliki tarif masuk yang lumayan mahal. Namun juga ada banyak tempat jalan-jalan yang tidak menarik tiket masuk alias gratis. Berikut tempat yang wajib dikunjungi dimulai :

Tempat Wisata Murah di Jakarta

1. Kebon Binatang Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan merupakan salah satu objek wisata yang banyak peminatnya dari dalam kota hingga luar kota dengan taman seluas 140hektar tersedia koleksi spesies dari hewan buas, jinak, ternak, serangga hingga reptil tersedia manja di Ragunan.

Tempat Wisata

Kendati banyak peminatnya dari segala kalangan, akses ke tempat wisata bisa dengan mudah lewat Busway , kendaraan pribadi seperti mobil dan motor yang luas, serta alamat sudah ada di Google Maps ( Taman Margasatwa Ragunan, Jalan Harsono RM Nomor 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan).

Weekend atau libur nasional, tempat wisata ragunan ramai pengunjung dengan harga tiket murah kisaran Rp 4.000, sedangkan anak-anak Rp 3.000 pembayaran menggunakan Jakcard. Harga tiket ini belum termasuk biaya parkir.

2. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional (Monas) atau lebih dekat lagi kita sebut saja Tugu Monas agar lebih simpel. Tugu ini punya tinggi sekitar 32meter dengan menjadi sebuah simbol kemerdekaan Republik Indonesia, tapi sekarang menjadi ikon ibu kota DKI Jakarta.

Menelisik pada sejarah, Tugu ini didirikan untuk mengenang jasa pahlawan yang mempertaruhkan jiwa dan raga demi kemerdekaan Indonesia dengan di resmikan oleh presiden pertama yaitu Ir. Soekarno.

Museum Monumen Nasional

Maka daritu dibawah tugu ini bakal ada miniatur sejarah Indonesia dengan harga tiket masuk kisaran Rp 5.000 untuk dewasa, Rp 3.000 untuk mahasiswa/i, sedangkan Rp 2.000 untuk anak-anak. Namun kita bisa naik ke puncak Tugu monas pakai lift ada biaya tambahan sekitar Rp 10.000 untuk dewasa, sedangkan anak-anak dan mahasiwa/i Rp 5.000.

3. Taman Impian Jaya Ancol

Selain wahana kita yang bisa nikmati seperti Sea World, Dunia Fantasi (Dufan), Gelanggang Samudera, Atlantics dan wahana lainnya. Ya, untuk masuk ke wahana tersebut harus merogoh kocek lagi dengan harga varian.

Sedangkan untuk ekonomis kita bisa menikmati indahnya laut untuk berburu sunset atau berkunjung ke Ocean Ecopark yang punya wahana seperti co Care, Eco Art, Aco Energy, dan Eco Nature. Harga tiket masuk gerbang tempat wisata kisaran Rp. 25.000/orang belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Ocean Ecopark Ancol

Untuk menikmati permainan-permainan yang ditawarkan seperti paintball shooting dan oubondholic akan dikenakan biaya tambahan. Eco Park merupakan tempat ideal untuk rekreasi yang didalamnya terdapat proses edukasi. Dimana anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan alam seperti menanam dan lainnya.

4. Kota Tua

Ingin merasakan suasana dijaman lampau? Bisa berkunjung ke Kota Tua, disana akan disuguhkan bangunan masa lalu dengan arsitektur bangunan kuno khas zaman dulu.

Kota Tua Jakarta

Uniknya kita bisa berkeliling dengan sepeda ontel yang disewakan oleh pengelola, serta bisa berkunjung ke meseum sejarah cukup merogoh kocek Rp 2.000 sampai Rp 5.000 dengan begitu bakal dapat tambahan pengetahuan sejarah Jakarta di masa lalu.

Saat hari mulai menjelang malam, para pedagang akan semakin ramai berdatangan menjajakan dagangannya. Mulai dari makanan, pakaian, hingga souvenir lainnya semua tersedia hanya tinggal pilih yang mana yang sesuai selera.

5.Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK)

Tentu banyak dari warga Jakarta terkadang merasa jenuh akan kegiatannya seperti bekerja, macet saat berangkat ataupun pulang bekerja, serta polusi Jakarta yang terkadang membuat kita menjadi merasa lelah.

Hutan Kota Gelora Bung Karno

Kini Ibu Kota Jakarta punya cara jitu mengatasi kenyamanan warganya dengan menanam banyak taman hijau yang dapat digunakan sebagai tempat piknik di tengah-tengah kota. Salah satu taman baru yang dapat kita nikmati secara gratis adalah taman yang berada di samping Resto Plataran, atau kawasan ini sering disebut sebagai Hutan Kota Gelora Bung Karno.

Masuknya gratis, namun ada biaya parkir jika menggunakan kendaraan pribadi dan akses kesana pun sudah dilalui kendaraan umum seperti busway, kereta cepat dll.

Kesimpulan

Tempat wisata murah di Jakarta masih banyak jika kita menelusuri disetiap jengkalnya, namun saya ringkas menjadi Lima sebagai rekomendasi yang wajib dikunjungi.

Monas Jakarta

Piknik atau liburan pilihlah sesuai budget atau biaya, jika ingin murah dan akses gampang refrensi diatas sebagai acuannya. Nah tempat wisata di Jakarta mana yang belum dikunjungi, berikan jawabannya melalui kolom komentar.

About Eko Prasetyo

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger. Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

View all posts by Eko Prasetyo →

11 Comments on “5 Tempat Wisata Murah di Jakarta yang Wajib Dikunjungi”

  1. Ah baru sadar kalau saya justru belum pernah ke hutan kota gelora bung Karno nih. Mungkin karena saya emang keseharian sudah berada di kampung yang masih seperti suasana hutan, jadi gak begitu melirik lokasi wisata ini. Gak berasa piknik lah suasananya sama saja dengan di rumah, hehehe

  2. Di Jakarta juga banyak museum dengan tiket yang terjangkau. Saya jadi nostalgia pengen nyobain lagi ke Monas bareng anak saya. BTW saya belum pernah yang nomor 5 tuh

  3. Aku pernah main ke rumah sodara di Jakarta. Diajaknya ke tempat-tempat wisata itu, kecuali GBK. Dan emang murah sih. Hehehe

  4. Jangan lupaaa tempat viral spot foto di bundaran hi, keliling jkt naik bus tingkat wisata atau bus yg atasnya kebuka gratis belum lagi taman2 cakep lqinnya di jkt.

    Banyak yaaa tmp murah meriah bqgus di jakarta

  5. Paling pengen masuk ke dalam Monas.
    Selama ini aku cuma pepotoan di depannya, tanda sah pernah ke Jekarda.
    Hahha.. se-addicted itu akutu sama Ibukota Indonesia. Karena di sini sebenernya ada banyak hal seru dan menyenangkan kalau tau destinasi yang murah meriah.

  6. Astaga, udah lebih dari 10 tahun, ternyata aku belum pernah main ke Kebun Binatang Ragunan lho… hahaha. Baru sadar pas baca artikel ini. Tapi emang sih, ke kebun binatang tu aku sering merasa nggak happy aja. Kasihan sama binatang-binatangnya yang terkurung begitu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *