3 Terobosan Terbaru Transportasi Umum yang Berguna Untuk Masyarakat

Seiring berkembangnya suatu zaman, semakin banyak perkembangan yang terjadi di dalam dunia ini yang semakin lama semakin maju dan canggih. Apalagi di dalam era globalisasi ini, segala sesuatu yang kita butuhkan bisa diakses secara mudah, seperti teknologi transportasi.

Teknologi transportasi sendiri merupakan sebuah teknologi yang yang mampu mendukung pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Kini ada 4 terobosan yang terlahir di Indonesia dengan teknologi terbaru seperti :

1. Kereta Cepat LRT dan MRT

Walau kereta cepat LRT atau MRT rilis pertama kali di daerah DKI Jakarta atau JABODEBEK, sekedar informasi bahwa Mass Rapid Transit (MRT) kini berganti menjadi Moda Raya Terpadu dengan transportasi tersebut kita bisa memakan waktu sangatlah cepat dari Fatmawati ke Bunderan Hotel Indonesia dibandingkan naik angkutan umum seperti Kopaja, MetroMini maupun angkutan umum lainnya.

Sedangkan untuk LRT (Lintas Rel Terpadu) lebih banyak digunakan oleh penumpang, karena diluncurkan nya lebih awal dan rute yang tersedia sudah lebih luas cakupannya di daerah Jabodebek.

Kemudian, untuk memuaskan pengguna kereta. Kini hadir kereta cepat ke Bandara Soekarno Hatta, mengingat banyak sekali keluhan mengenai moda transportasi menuju kebandara tersendat karena macetnya disaat perjalanan mengakibatkan ketinggalan pesawat.

Dengan adanya kereta tersebut mampu meminimalisir adanya refund tiket pesawat karena jarak tempuh ke Bandara lebih cepat dibandingkan naik mobil maupun motor, namun hanya ada segelintir stasiun kereta menuju ke Bandara Soekarno Hatta.

Semoga kedepannya bisa lebih luas lagi jangkuan stasiun kereta ke Banadara Soekarno Hatta agar para penumpan pesawat lebih dimanjakan terutama moda transportasi umum.

2. Busway Transjakarta (Bus Pengumpan)

Alternatif lainnya ialah menggunakan Busway, kini busway pun dapat kita jumpai disetiap halte-halte dengan menghadirkan “Bus Pengumpan”. Pelayanan bus pengumpan (feeder bus) tersedia untuk area di dalam wilayah yang tidak terlayani dengan baik oleh busway ataupun kereta api. Jadi jangan heran jika melihat bus sering mendarat di setiap tanda busway.

Oleh karena itu busway pun tersedia koridor-koridor setiap wilayah dan rutenya lebih lengkap sampai ke terminal tersebesar seperti Kalideres, kampung rambutan dan terminal lainnya di dalam kota dan jangan lupa cek saldo e-card agar lebih aman disaat masuk ke bus pengumpan.

3. Pesan Bus Luar Kota dengan Tiket Online

Untuk memudahkan pulang kampung maupun liburan ke pulau jawa, kini berbagai e-commerce telah menawarkan bisa pesan tiket bus melalui via online, kapapun, dimanapun ingin pergi langsung. Tanpa harus ngantri ke agen atau P.O maupun ke terminal bingung menggunakan jurusan bus kemana.

Hal ini sangat membantu penumpang dalam hal moda transportasi umum terutama bus luat kota, kadang salah jurusan pas naik bus. Karena itu hadirlah transaksi online ini agar memesan tujuan kemana. Tapi sebagai catatan tidak semua daerah mendukung tiket online bus, mungkin tahun depan bisa lebih luas mencakup ke daerah terpencil.

Kesimpulan

Ke tiga hal inilah solusi mengatasi kemacetan dengan akses terbaru, mudah digunakan dan kita juga bisa berjalan-jalan berkeliling DKI Jakarta dengan jarak tempuh singkat dan bisa menghemat ongkoย daripada menggunakan taksi online, lebih baik pakai Transportasi umum agar mengurangi polusi di Ibu Kota Jakarta dan jalan kaki agar sehat sampai pas kantor.

Untuk jalan-jalan pun kini dimanjakan oleh pemesanan tiket online bus, sehingga tidak perlu antri maupun bingung memilih jurusan tempat tujuan. Apalagi jaman sudah modern dan semua orang pun bisa mengoperasikan gadget sebagai alat elektronik yang penting, sehingga kemanapun kita pergi pasti membawanya.

Tahun demi tahun teknologi yang disokong selalu teranyar, sehingga penumpang pun sangat nyaman pada saat menaiki angkutan tersebut dan muncul inovasi-inovasi yang mampu meningkatkan pelayanan dalam hal transportasi umum.

Kemudian saya juga menantikan kereta cepat Jakarta-Bandung hadir di Jakarta, lumayan kalau ke Bandung hanya memakan waktu sekitar kurang dari 60 menit. Menghemat waktu dalam perjalanan. Mari kita tunggu launching resminya,ย  serta teknologi makin canggih dan aksesnya mudah dilakukan, maka penumpang dijamin beralih ke transportasi umum.

Serta kita juga bisa pantau melalui akun sosial media kemenhub untuk mendapatkan informasi terkini dan terupdate tentang moda transportasi umum sebagai berikut :

About Eko Prasetyo

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger. Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

View all posts by Eko Prasetyo →

10 Comments on “3 Terobosan Terbaru Transportasi Umum yang Berguna Untuk Masyarakat”

  1. Wah iya, solusi yang paling cepat dan efisien memang perbaikan alat transportasi yang bisa memuat banyak penumpang, kayak bus dan kereta ini. Semoga dengan fitur yang semakin nyaman, masyarakat jadi mulai meninggalkan atau mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, dan mulai beralih ke transportasi umum.

  2. Saya juga gak sabar menanti kereta cepat Jkt Bandung nih mas, kan lumayan kalau bisa PP ke bandung dengan cepet hehe. Kalau di Jakarta alhamdulillah emang KRL, MRT, Trans Jkt ngebantu banget. Tapi tentu aja dr sisi negara mungkin bisa bikin kebijakan utk penjualan motor atau mobil pribadi mungkin dikasi pajak tinggi lagi jd penggunanya bisa beralih lbh manfaatin kendaraan umum

  3. Yaaap! Ketiga solusi ini udah aku rasain dan ngebantu banget karena sering berpergian. Ya g terakhir itu nyoba kereta Bandara Soetta dan ternyata enak banget, nyaman serta lebih cepat. Semoga transportasi Indonesia makin keren secara keseluruhan ya.

  4. Transportasi umum adalah salah satu cara mengatasi kemacetan daerah kota. APalagi kalau semuanya bisa tepat waktu pasti jadi solusi banget. ditambah dengan teknologi pembelian tiket online makin mempermudah dong ya. Suka deh!

  5. Wow banget yaa…
    Jakarta – Bandung hanya 60 menit.
    Sekarang aja aku liat lintasan yang dibangun si kereta cepat Jakarta – Bandung uda amaze banget.
    Bener-bener, semoga lekas jadi dan dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *