5 Waktu yang Tepat Ganti Oli Motor Matic dan Manual

Oli Motor matic dan manual

Rencana liburan natal dan tahun baru momen tradisi ini sudah langganan tiap tahunnya, tapi khususnya yang naik kendaraan pribadi cek terlebih dahulu oli motor matic atau manual sebelum perjalanan jauh.

Pergantian oli motor tergantung dari jarak yang ditempuh, misalnya keseharian ojek online atau kurir ekspedisi, berarti mesin bekerja dengan giat dan cepat yang mengakibatkan oli pun bakal boros. Lain halnya untuk pekerja yang pulang-pergi tapi kilometer jarak dekat itu lebih hemat.

Oli motor matic

Nah saya punya info menarik untuk mengetahui kapan waktunya kita untuk ganti oli motor matic atau manual (gear) secara rutin agar kendaraan lebih terawat dan kinclong dibagian mesinnya sebagai berikut :

Tanda Kapan Waktu yang Tepat Ganti Oli Motor

1. Jarak Tempuh 3.000 kilometer atau 5.000 kilometer

Salah satu tanda sudah saya jelaskan secara singkat diatas bahwa oli motor yang bisa dipantau dengan jelas tentunya melalui jarak tempuh. Sebagai contoh pekerja ojek online. Driver pasti berkeliling mencari dan menjemput penumpang dalam kilometer pertama 31.000 , kemudian baru 3 minggu jarak tempuh sudah menyentuh 35.0000. Berarti naik 5.000kilometer.

Kilometer motor

Jadi tidak harus menunggu 1bulan untuk menggantinya, karena sudah memakan jarak tempuh lebih besar, maka dari itu disarankan ganti oli lebih awal. Lain halnya, jika jarak tempuh dekat bisa 1bulan ganti.

2. Suara Mesin Transmisi Kasar

Tanda oli motor harus diganti selanjutnya adalah suara mesin transmisi jadi kasar. Semakin sering digunakan, oli mengalami penurunan kualitas. Penurunan kualitas oli dapat memicu keluarnya suara atau bunyi kasar pada motor saat mengoper gigi atau saat mesin digas.

Suara yang kasar pada mesin transmisi diakibatkan karena kualitas oli mulai menurun akibat out of date atau sudah kedaluwarsa, maka daya lumasnya terhadap gear pada transmisi juga ikut terganggu.

3. Volume Oli Mesin Kurang

Mengapa pemakaian oli motor matic atau manual wajib ganti tiap perbulan? Karena oli mesin merupakan cairan yang fatal didalam kendaraan. Maka dari itu seandainya oli mesin sampai surut (kosong) atau tidak pernah diganti berbulan-bulan bisa mengakibatkan kinerja motor menurun atau lebih buruk motor bisa mogok.

4. Suhu Mesin Terasa Lebih Tinggi dari Sebelumnya

Tanda oli motor matic atau manual (gear) harus diganti berikutnya ialah suhu mesin terasa lebih tinggi dari biasanya. Hal ini terjadi karena oli kondisinya memburuk dan daya hantar panas menjadi berkurang.

Dengan kejadian tersebut menyebabkan penyebaran panas menjadi tidak rata, sehingga kita akan merasa radiasi panas dari area blok mesin ke pengendara maupun dibonceng akan merasakan sensasi panas berlebih.

5. Warna Hitam Pekat

Jarak tempuh, suara mesin, volume oli dan suhu mesin terasa panas merupakan tanda-tanda oli kita harus ganti. Selain itu adapula yang wajib diperhatikan dari warna hitam pekat dalam oli.

Oli Motor matic dan manual

Pada umumnya oli berwarna kuning atau masih biru, tapi kalau sudah kena sisa pembakaran, warna oli akan berubah menjadi hitam. Oli berwarna hitam disebabkan oleh zat panas atau zat emisi. Jadi tidak heran oli motor matic atau manual (gear) bakal menjadi warna hitam pekat dan bensin yang tidak terbakar sehingga daya lumasnya akan menurun dan mesin pun lebih cepat aus.

Kesimpulan

Punya kendaraan sepeda motor? Jika punya, wajib merawat dengan baik dan benar, agar kendaraan tetap bisa digunakan tanpa khawatir terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Planet Ban Jakarta
Planet Ban Jakarta

Selain bahan bakar (bensin), bagian penting dari motor lainnya harus diperhatikan seperti ganti oli. Nah saya punya rekomendasi ganti oli motor matic atau manual (gear) di Planet Ban karena disana banyak varian oli motor sesuai kebutuhan, harga pun ramah dikantong.

Oli motor matic di planet ban
Oli motor matic dan manual (gear)

Tanda kapan waktu ganti oli perlu alarm atau dicatat agar tidak lupa dan jangan bermalasan buat gantinya, karena semakin kita lalai merawat motor, maka yang rugi kita sendiri disaat nanti berkendara di jalan tiba-tiba motor mogok, haslinya rugi waktu juga.

About Eko Prasetyo

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger. Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

View all posts by Eko Prasetyo →

12 Comments on “5 Waktu yang Tepat Ganti Oli Motor Matic dan Manual”

  1. Oli motor memang harus diperhatikan ya, Mas. Karena fungsi Oli sangat banyak untuk kendaraan. Kalau saya, kira-kira saja kalau motor sudah tidak enak dipakai, baru ganti. Kecuali motor saya pakai tiap hari, maka saya lihat kilometernya. Saya juga sekarang ganti oli di Planet Ban.

  2. Ilmu baru buatku yang hanya mencirikan waktunya ganti oli dengan kilometer yang sudah ditempuh.
    Ternyata ada ciri lain yang juga kudu diperhatikan. Paling penting saat mengganti oli kalau buatku adalah kekentalan oli yang sesuai dengan tipe motor yang digunakan. Sehingga tarikannya bisa bikin nyaman saat berkendara dan bikin awet mesin.

  3. Semenjak pernah turun mesin beberapa bulan yang lalu, saya kapok sudah sering lalai dalam mengganti oli dan service motor, huhu.

    Sekarang saya selalu ganti oli setiap 1 bulan atau 2 bulan sekali, tergantung dari jarak kilometer yg ditempuh.
    Tentang Planet Ban, sepertinya saya pernah lihat di jalan dekat kantor. Bulan depan mau coba ganti oli di Planet Ban, ah

  4. wah kalau bisa sesuai waktunya, pasti mesin motor lebih awet dan terawat ya, kadang banyak yang maksain buat nanti-nanti padahal bisa pengaruh sama kondisi mesin

  5. Baik cowok maupun cewek kudu paham nih kapan waktu yang tepat buat ganti oli, biar makin nyaman motornya saat dikendarai

  6. Memiliki kendaraan bermotor baik mobil atau motor wajib di rawat supaya awet dan hemat biaya. Kalau jarang dirawat sekali kendaraan sakit biayanya bengkak bengkak.

    Kalau kita sakit ada bpjs lha kalau kendaraan? Bayar sendiri yaaks…

    Nah point perawatan kendaraan pertama harus rajin ganti oli sesuai aturan km.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *