5 Destinasi Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Gunung Dieng

Provinsi Jawa Tengah memang memiliki surga dunia bagi pecinta traveling, karena disuguhkan pemandangan indah disetiap jengkal wisatanya dan kuliner pun memiliki ciri khas unik, serta kelezatan yang mampu menggoyang lidah untuk mencicipi terus-menerus.

Sementara untuk keseharian, kita harus menyewa kendaraan pribadi disana agar lebih afdol, pasalnya jarak dari wisata ke wisata lain lumayan jauh, walau ada angkutan umum. Tapi kita tidak mengetahui secara detail daerah tersebut, nanti malah kesasar dan tidak sampai tempat tujuan.

Candi Borobudur Magelang
Candi Borobudur Magelang

Hal tersebut untuk eminimalisir dari orang-orang yang tidak diinginkan, maka menyewa kendaraan pribadi itu solusi terbaik dan apalagi disana punya saudara, jadi punya pemandu wisata gratis yang menunjukan spot foto-foto yang cocok untuk motret guna upload di sosial media agar lebih mengenalkan wisata yang dituju.

Sekedar informasi, selain pesawat terbang ke kota yang diinginkan. Kita juga bisa menggunakan sarana transportasi umum seperti kereta api yang lebih murah dan aman, serta kita juga langsung cek dulu jadwal kereta api solo jogja lebih dulu agar tidak kehabisan.

Biasanya hari libur panjang banyak sekali para wisatawan berkunjung kedaerah sana, maka dari itu saya rangkum 5 destinasi wisata di jawa tengah yang wajib dikunjungi diantaranya :

Wisata di Jawa Tengah

1. Dataran Tinggi Gunung Dieng

Julukan Dataran Tinggi Dieng sebagai Negeri di Atas Awan, karena disana telah diapit oleh Gunung Prau, Sindoro, dan Sumbing. Sehingga bisa memandang keindahan dari dataran tinggai dan melihat gumpalan awan terpampang manja disekitarnya. Serta suasana dingin menyelimuti tubuh di pagi hari.

Gunung Dieng
Gunung Dieng

Lain halnya sore hari, bagi yang suka memburu foto-foto sunrise bisa datang ke Puncak Sikunir ini cocok banget untuk para instgramble. Pasalnya ada banyak spot untuk memotret keindahan alam. Keren kan pemadangannya.

2. Candi Borobudur Magelang

Candi Borobudur Magelang menjadi salah satu candi atau kuil terbesar didunia yang dibangun antara 780-840 Masehi oleh Dinasti Sailendra. Kini tempat tersebut didatangi oleh wisatawan mancanegara maupun domestik.

Candi Borobudur Magelang
Candi Borobudur Magelang

Selain bangunnya yang pra-sejarah dan penuh arti dalam setiap stupa nya, namun kita (para pengunjung) bisa menikmati pemandangan sangat indah pada pagi hari dengan embun yang masih melekat dan matahari masih tersipu malu untuk menampakan diri.

Hal ini lah daya tarik pemikat untuk menunggu momen terbitnya matahari, jika cuaca cerah kita bisa menikmatinya. Tapi kalau mendung, iya maaf saja kita hanya bisa menikmati wisata kuliner. Karena cuaca tidak ada yang mengetahuinya apakah cerah maupun mendung.

3. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan destinasi kota Solo yang sangat disukai oleh pecinta traveling, karena menyuguhkan air terjun setinggi 80 meter berlokasi di sisi barat Gunung Lawu.

Air terjun Grojogan Sewu memiliki akses dua jalur yang berbeda. Pertama pintu masuk berada didekat Taman Balekambang dengan banyaknya kuda-kuda yang berjajar, sehingga menghadirkan sebuah pemandangan yang berbeda.

Grojogan Sewu Tawangmangu
Grojogan Sewu Tawangmangu

Pintu kedua berada di dekat River Hill dan ada informasi terbaru bahwa untuk melintasi area ini harap menyimpan makanan dengan baik. Karena disana banyak sekali kera-kera berkeliaran secara bebas, jadi hati-hati kalau bersinggah kesana.

4. Mendaki Gunung Merbabu

Untuk mencapai puncak Gunung Merbabu banyak akses yang bisa dilalui, salah satu nya melewati Wekas yang merupakan trek dengan Jalur pendakian tercepat untuk mencapai puncak Merbabu. Gunung Merbabu sendiri memiliki 3 Puncak Utama yaitu Puncak Syarif, Puncak Triangulasi dan Puncak Kenteng Songo yang tertinggi.

Mendaki Gunung Merbabu
Mendaki Gunung Merbabu

Selama perjalanan kita akan disuguhkan berbagai view indah dari disekelilingya, bahkan jika sampai puncak gunung, mampu melihat gumpalan-gumpalan awan yang menyelimuti Gunung Merbabu. Tapi disana jagalah kebersihan (buang sampah pada tempatnya) dan bawahlah peralatan secukupnya, serta alat P3K.

5. Telaga Madirda

Telaga Madirda berlokasi di Lokasi Dusun Tlogo, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar dengan view perbukitan yang hijau dan asri, serta sangat cocok untuk bersinggah dengan sanak saudara.

Telaga Madirda
Telaga Madirda

Selain pemandangan telaga yang bersih dan alami, wisatawan juga akan disuguhkan oleh candi sukuh. Dari sekian banyak candi di Indonesia, Candi Sukuh termasuk yang paling menarik. Itu karena bentuk candi ini tidak seperti candi Hindu pada umumnya. Bentuknya malah menyerupai Piramida Suku Aztec di Meksiko.

Kesimpulan

Cukup hanya 5 ulasan destinasi wisata yang menawan dan ingin dikunjungi versi saya, mengingat saking banyaknya wisata di jawa tengah saya tidak bisa menceritakan wisata lainnya, namun artikel ini bisa dijadikan refrensi yang ingin bepergian ke daerah Solo – Jogja.

Jadi diantara 5 destinasi wisata itu manakah yang lebih indah dan ingin dikunjungi? Silahkan berikan jawabannya melalui kolom komentar yang sudah disediakan.

About Eko Prasetyo

Berawal karir menjadi Admin Penjualan. Kemudian menjadi Content Writer di TeknoUp.com , kini mengarungi karir menjadi Freelance Writer Blogger. Bukan blogger pemula, bukan juga blogger mastah. Tapi Blogger yang menyajikan informasi secara aktual kepada masyarakat.

View all posts by Eko Prasetyo →

16 Comments on “5 Destinasi Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi”

  1. tinggal di jateng namun belum pernah ke semuanya, kok kaya ada rasa sedih-sedihnya gitu ya. terdekat sih aku pengin ke dieng, terakhir ke sana cuma ndaki pas ke Gunung Prau hihi

  2. Saya lebih tertarik dg wisata sejarah yang hampir terlupakan di Indonesia. Kayak contohnya di Jogja ada situs sejarah berdirinya Muhammadiyah. Kondisinya masih bagus meski jarang didatangi pengunjung. Padahal di dalamnya terdapat nilai2 sejarah penting perjuangan pasca-merdeka.

  3. Aku yang belum itu ke Gunung Merbabu dan Telaga Madirda. Yang 1-3 sudah dan kangen lagi buat ke sana. Kalau bisa stay 1-2 hari. Tapi di Dieng itu duingin banget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *